Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru

Cuaca Ekstrim, BPBD Tanbu Minta Masyarakat Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengingatkan kepada masyarakat Bumi Bersujud untuk waspada terhadap cuaca.
- Apahabar.com     Sabtu, 4 Desember 2021 - 12:19 WITA

Cuaca Ekstrim, BPBD Tanbu Minta Masyarakat Waspada

Kondisi perumahan warga di Kecamatan Satui akibat dihantam angin puting beliung. Foto-Istimewa.

apahabar.com, BATULICIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengingatkan kepada masyarakat Bumi Bersujud untuk waspada terhadap cuaca.

Diketahui sejak beberapa hari terakhir cuaca di Tanah Bumbu ekstrim dengan kondisi hujan disertai angin kencang.

“Masyarakat harus waspada dengan cuaca kita saat ini yang lumayan ekstrim,” pinta Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Eryanto Rais, kepada apahabar.com, Sabtu (4/12).

Eryanto mengimbau kepada masyarakat yang berada dekat dengan pesisir laut atau pantai dan bantaran sungai lebih waspada.

“Angin sangat kencang di daerah pesisir, kemudian juga kondisi hujan yang tinggi, jadi masyarakat harus lebih waspada dengan puting beliung, bencana pasang air laut (ROB), serta meluapnya air atau banjir,” ujarnya.

Selain itu bagi masyarakat daerah pegunungan juga demikian, Eryanto mengimbau untuk berhati-hati dengan bencana tanah longsor atau pun pohon tumbang.

“Kondisi cuaca ekstrim ini diprediksi akan masih terjadi beberapa hari ke depan. Semua harus tetap waspada untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan,” tuturnya.

“Apabila terjadi bencana segera melapor ke aparatur desa, aparatur kecamatan dan BPBD Tanah Bumbu, sehingga secepatnya dilakukan upaya pertolongan dan penyelamatan baik harta benda dan jiwa oleh petugas yang menangani,” pungkasnya.

Diketahui beberapa hari kemarin, angin puting beliung sempat menerjang beberapa wilayah kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Akibat puting beliung tersebut puluhan rumah warga serta fasilitas umum seperti tempat ibadah dan sekolah mengalami kerusakan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kusan Hilir

Tanah Bumbu

Masuk Rumah Warga, Ular Sepanjang 2 Meter Dievakuasi Damkar Kusan Hilir Tanbu
Zona Merah

Tanah Bumbu

Warning! Seluruh Kecamatan di Tanbu Masuk Zona Merah Covid-19
apahabar.com

Tanah Bumbu

Kabar Baik Pagi Ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Tanbu Terus Bertambah
Bupati Tanbu

Tanah Bumbu

Kaji Banding Penanganan Covid-19, Bupati Tanbu Terima Kunjungan Pemkot Palangka Raya

Kalsel

Bulan Kemerdekaan, Pedagang Bendera di Tanbu Mulai Ramai

Tanah Bumbu

Kabar Duka, Istri Ketua DPRD Tanah Bumbu Tutup Usia
apahabar.com

Tanah Bumbu

Daftar ke KPU Tanah Bumbu, Cuncung-Alpiya Naik Becak
Update Covid-19

Tanah Bumbu

Update Covid-19 Tanbu: Positif 3 Orang, Sembuh 1
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com