[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Curhat dengan Menpora, Rektor Universitas Lambung Mangkurat Mengidam Fakultas Olahraga

- Apahabar.com     Minggu, 19 Desember 2021 - 12:16 WITA

Curhat dengan Menpora, Rektor Universitas Lambung Mangkurat Mengidam Fakultas Olahraga

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, bersama Rektor ULM, Sutarto Hadi, dalam sosialisasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Banjarmasin. Foto: apahabar.com/Syaiful Riki

apahabar.com, BANJARMASIN – Kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Banjarmasin, dimanfaatkan Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Sutarto Hadi, untuk curhat soal fakultas olahraga di Kalimantan Selatan.

Menpora Zainuddin Amali melakukan kunjungan kerja ke Banjarmasin, Sabtu (18/12), untuk membuka acara sosialisasi Perpres Nomor: 86/2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Secara garis besar, DBON berisi arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga.

Sementara pengorganisasian pelaksanaan DBON merupakan sinergi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dengan organisasi olahraga, dunia usaha, masyarakat, akademisi dan media.

Terkait kerja sama dengan akademisi, upaya Kalsel dalam penerapan DBON terasa kurang lengkap. Sebagai perguruan tinggi umum, ULM belum memiliki fakultas olahraga.

“Sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang secara khusus menangangani atau mengkaji olahraga, ULM sudah memiliki Jurusan Pendidikan Olahraga Kesehatan (JPOK),” papar Sutarto Hadi, Rektor ULM.

“Namun kami cita-cita meningkatkan status jurusan itu menjadi fakultas. Semoga Menpora bisa menyambut dan mendengarkan mimpi kami,” lanjutnya.

Didukung Menpora

Diyakini perubahan jurusan menjadi fakultas itu bisa mengangkat prestasi olahraga di Kalsel, sekaligus menyediakan stok atlet-atlet andal di level internasional.

“Sejatinya pembangunan olahraga itu melalui riset pengembangan ilmu pengetahuan. Negara-negara maju dalam bidang olahraga sudah menerakan science dan teknologi,” tegas Sutarto.

Tak hanya perubahan jurusan menjadi fakultas, Sutarto juga blak-blakan menyebut ULM memerlukan stadion mini.

“Kami mengakui bahwa Kalsel kurang fasilitas olahraga. Kami pun berharap Menpora bisa membawa persoalan ini dalam rapat kabinet,” cecar Sutarto.

Menjawab keinginan Sutarto, Zainudin Amali mengamini bahwa Kalsel seharusnya mengembangkan sport science lewat kerja sama dengan perguruan tinggi, salah satunya ULM.

“Saya sangat mendukung sekali ULM memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan, karena peran perguruan tinggi cukup besar untuk mensukseskan DBON,” sahut Menpora.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Olimpiade Tokyo 2020

Sport

Dikalahkan Viktor Axelsen, Ginting: Saya Sudah Coba yang Terbaik
Egy Maulana Vikri

Sport

Komentar Egy Maulana Vikri Usai Cetak Gol Perdana untuk FK Senica

Sport

Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020, Greysia/Apriyani Diguyur Bonus Uang Hingga Sapi
apahabar.com

Sport

Link Live Streaming Everton vs MU, Segera Tayang Duel Dua Tim Terluka
apahabar.com

Sport

Hebat, Pembalap Indonesia Sean Gelael Juara di Abu Dhabi

Sport

Hasil Liga Inggris: Ditahan Imbang Arsenal, Manchester United Masih Ukir Rekor
apahabar.com

Sport

Barito Siapkan 20 Pemain Hadapi Arema
Carabao Cup

Sport

Jadwal Liga Inggris: Kans Terakhir Chelsea, Liverpool dan Leicester ke Liga Champions
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com