[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Curhat Ketua Komisi IV Soal Gaji Guru Honorer Ditanggung Negara

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin curhat janji Menteri Pendidikan tentang gaji honorer yang ditanggung negara.
- Apahabar.com     Senin, 20 Desember 2021 - 23:50 WITA

Curhat Ketua Komisi IV Soal Gaji Guru Honorer Ditanggung Negara

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, M Lutfi Saifuddin curhat janji Menteri Pendidikan tentang gaji honorer yang ditanggung negara.

“Saya ingin mengingatkan janjinya Mas Menteri (pendidikan) tiga tahun yang lalu bahwa gaji guru honorer akan dibayarkan melalui APBN. Ini menjadi angin segar pada saat itu. Namun saat ini menjadi PHP bagi kami pak,” ucap Lutfi di momen kunjungan kerja Komisi X DPR RI yang diketuai Djohar Arifin Husin di Kalimantan Selatan, Senin (20/12).

Luthfi mengatakan pelimpahan kewenangan itu merupakan pelimpahan kewenangan SMA/SMK ke provinsi, sehingga mengharuskan Kalimantan Selatan menanggung lebih kurang 6 ribu guru honorer. Yang rata-rata kalau di jumlah gaji per tahun plus gaji ke-13. Itu memerlukan anggaran sekitar Rp190 miliar

“Ini sangat membebani anggaran pendidikan kami pak. Akibatnya infrastruktur pendidikan yang ada di Kalsel terhambat,” katanya.

Ia menyayangkan bila seorang Menteri bisa menjanjikan kepada rakyat, namun sampai sekarang tidak terealisasi.

Padahal perpindahan kewenangan, menurutnya, bukan semata-mata keinginan daerah.

Untuk itu, Ketua Komisi yang membidangi Kesejahteraan Rakyat ini memohon kepada Ketua Komisi X DPR RI untuk memperjuangkan hal ini.

Ketua Tim Komisi X DPR RI Djohar Arifin Husin didampingi Plt Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga RI Jonni Mardizal mengungkapkan, maksud kunjungan kerjanya bersama rombongan pada masa Reses Persidangan II Tahun Sidang 2021-2022.

Kedatanganya juga dalam rangka mengumpulkan data dan informasi terkait bidang Pendidikan, Kebudayaan, Riset da Teknologi, Pariwisata dan ekonomi Kreatif, Pemuda dan Olahraga, serta Perpustakaan Nasional dari tanggal 17 hingga 21 Desember 2021 di Kalimantan Selatan.

Atas berbagai masukan, saran dan harapan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut, politisi kawakan Partai Gerindra Dapil Sumut 3 ini menyarankan agar dibuat secara tertulis untuk nantinya dijadikan sebagai bahan dalam rapat bersama kementerian terkait.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Sampaikan 1.099 Pokok Pikiran di Paripurna
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

DPRD Kalsel Apresiasi Tabalong dan HSU Bentuk Perda Bantuan Hukum Masyarakat Miskin
apahabar.com

DPRD Kalsel

Lewat Reses, Yani Helmi Atensi Desa Tak Dialiri Listrik
apahabar.com

DPRD Kalsel

Keterwakilan Perempuan di Rumah Banjar Mulai Naik
Mahasiswa

DPRD Kalsel

Asrama Mahasiswa Semarang Kini Tidak Memadai

DPRD Kalsel

Kemendagri Belum Sahkan 10 Raperda, Dewan Kalsel Segera ke Jakarta

DPRD Kalsel

Satui Tanbu Dihantui Banjir, Dewan Kalsel Bakal Siapkan Sekema Mitigasi
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

Polisi Ringkus Kurir 135 Kg Sabu, Simak Kata Waket DPRD Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com