Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah

Dibayangi Sentimen Omicron dan Tapering, Rupiah Ditutup Melemah

- Apahabar.com     Kamis, 2 Desember 2021 - 18:56 WITA

Dibayangi Sentimen Omicron dan Tapering, Rupiah Ditutup Melemah

Ilustrasi - Karyawan menghitung uang rupiah di Bank Mandiri Syariah, Jakarta. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Kamis (2/12) sore ditutup melemah.

Kurs rupiah melemah dibayangi sentimen kekhawatiran terhadap varian Omicron dan juga percepatan tapering yang diperkirakan akan akan dilakukan oleh bank sentral Amerika Serikat The Fed.

Rupiah sore ini ditutup melemah 51 poin atau 0,36 persen ke posisi Rp14.398 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp14.347 per dolar AS.

“Sentimen hari ini yaitu ada kekhawatiran terhadap varian Omicron yang sampai saat ini belum diketahui seberapa parahnya penyebaran tersebut, namun untungnya Indonesia masih belum ditemukan varian tersebut,” kata analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX), Nikolas Prasetia saat dihubungi di Jakarta, Kamis (2/12) dilansir Antara.

Selain itu, lanjut Nikolas, pelemahan rupiah disebabkan oleh harapan perubahan arah kebijakan moneter bank sentral AS oleh Gubernur The Fed Jerome Powell yang bisa saja lebih cepat dari perkiraan.

The Fed diperkirakan akan segera mengakhiri program pembelian obligasi sehingga bisa mulai melakukan perubahan tingkat suku bunga.

“Isu ini terlihat yang menjadi sentimen utama dan membuat nilai rupiah melemah terhadap dolar AS,” ujar Nikolas.

Sementara itu, jumlah kasus harian Covid-19 di Tanah Air pada Rabu (1/12) kemarin mencapai 278 kasus sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 4,26 juta kasus.

Sedangkan, jumlah kasus meninggal akibat terpapar Covid-19 mencapai 10 kasus sehingga totalnya mencapai 143.840 kasus.

Adapun untuk jumlah kasus sembuh bertambah sebanyak 307 kasus sehingga total pasien sembuh mencapai 4,1 juta kasus. Dengan demikian, total kasus aktif Covid-19 mencapai 7.883 kasus.

Untuk vaksinasi, jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin dosis pertama mencapai 140,21 juta orang dan vaksin dosis kedua 96,52 juta orang dari target 208 juta orang yang divaksin.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp14.357 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp14.356 per dolar AS hingga Rp14.398 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Kamis ditutup melemah ke posisi Rp14.378 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp14.353 per dolar AS.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Ilusutrasi, Investasi bodong. Foto-Net.

Ekbis

OJK Kembali Blokir Investasi Bodong, Kripto hingga Robot Forex
apahabar.com

Ekbis

Lantik Mardani H Maming, Presiden Jokowi Ingin Investor Dilayani dengan Baik
apahabar.com

Ekbis

Penerbangan Repatriasi Meningkat, Bandara Soekarno-Hatta Perketat Protokol Kesehatan
Erick Thohir

Ekbis

Perbaiki Performa Bisnis, Erick Thohir: Garuda Harus Fokus pada Rute Domestik!

Ekbis

Jasa Perkapalan Sumbang Defisit Terbesar
apahabar.com

Ekbis

Samsung Akan Luncurkan Lini Galaxy M Ramah Kantong di India
apahabar.com

Ekbis

Ngopi Bareng MHM, Berbagi Rahasia Sukses Berbisnis
apahabar.com

Ekbis

Kehadiran Mcdonalds, Angin Segar bagi Pendapatan Daerah
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com