Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Dinkes Barito Utara Diminta Lebih Intens Kampanyekan Hidup Sehat

Legislator DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muhtar mengharapkan dinas kesehatan setempat untuk terus mensosialisasikan pola hidup sehat kepada
- Apahabar.com     Kamis, 9 Desember 2021 - 14:44 WITA

Dinkes Barito Utara Diminta Lebih Intens Kampanyekan Hidup Sehat

Mustafa Joyo Muhtar (baju biru muda). Foto-Istimewa

apahabar.com, MUARA TEWEH – Legislator DPRD Barito Utara, Mustafa Joyo Muhtar mengharapkan dinas kesehatan setempat untuk terus mensosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat, baik di kota maupun di pelosok desa.

“Kita sadari bahwa hampir jenis makanan saat ini mengandung bahan kimia bahkan mulai dari padi, sayur, ikan atau makanan instans lainnya, dan ini sangat penting diketahui oleh masyarakat, karenanya peranan dinas kesehatan sangat penting dalam hal tersebut,” ujar Mustafa Joyo.

Mustafa Joyo menyoroti penyakit hipertensi. Saat ini, menurut dia, hipertensi tidak hanya menyerang orang tua, tapi juga mereka yang lebih muda. Karena itu, ia mengingatkan agar lebih berhati-hati dengan makanan atau menjaga kesehatan dengan cara berolahraga secara teratur .

“Hipertensi sangat erat dengan perilaku hidup sehat. Dan untuk menekan hal ini perlu modifikasi gaya hidup atau gerakan masyarakat,” ucapnya.

Untuk pihak dinas kesehatan, sambungnya, hendaknya terus memberikan pelayanan pengecekan secara teratur di semua sarana prasarana kesehatan dari pustu hingga puskesmas.

Selain itu, dinas kesehatan diminta juga melakukan sosialisasi/penyuluhan tentang apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan oleh masyarakat agar hidup sehat dari segi makanan maupun gaya hidup.

“Kampanyekan gerakan makan sayur dan buah, diharapkan masyarakat dalam satu hari memakan buah juga sayur. Hidup adalah pilihan dengan cara cerdik; cek kesehatan secara teratur, enyahkan penyakit, rajin olah raga, diet seimbang, istrahat yang cukup dan kendalikan stress,” tuturnya.

“Banyak hal yang bisa dilakukan oleh dinas kesehatan dalam mensosialisasikan atau mengkampanyekan gerakan hidup sehat. Mereka bisa menggandeng stakeholder lainnya atau bahkan pemerintahan desa atau kelurahan, sehingga apa yang menjadi tujuan utama dari kampanye tersebut bisa berhasil dan benar tepat sasaran,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

DPRD Barut

Resmi, Barito Utara Sahkan Aturan Kawasan Tanpa Rokok
DPRD Barut

DPRD Barut

RDP DPRD Barut Bersama Beberapa Perusahaan Terkait Jalan Nasional
DPRD

DPRD Barut

Wakil Ketua DPRD Barut: Awasi Jauhkan Pergaulan Remaja dari Arah Negatif!
DPRD Barut

DPRD Barut

Anggota DPRD Barut: Pengalokasian Belanja Daerah Harus Pertimbangkan Keadilan dan Pemerataan

DPRD Barut

Melindungi Anak, Memajukan Kehidupan Bangsa
DPRD

DPRD Barut

Belajar Pengawasan Mitra Kerja, Komisi II DPRD HST Kunjungi DPRD Barut
apahabar.com

DPRD Barut

Reses ke Desa Datai Nirui, DPRD Barut Serap Keluhan Infrastruktur

DPRD Barut

Dewan Dukung Gugus Tugas Gerakan Nasional Revolusi Mental di Barut
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com