Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

DPRD Balikpapan Didemo Warga, Wakil Rakyat Dihujani Kritik

Sejumlah warga dari Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formak) melakukan aksi demo di depan kantor DPRD Kota Balikpapan pada Senin (13/12).
- Apahabar.com     Senin, 13 Desember 2021 - 13:49 WITA

DPRD Balikpapan Didemo Warga, Wakil Rakyat Dihujani Kritik

Demo di depan kantor DPRD Balikpapan, sejumlah massa mengkritik kinerja anggota dewan. Foto-apahabar.com/Riyadi

apahabar.com, BALIKPAPAN – Sejumlah warga dari Forum Masyarakat Anti Korupsi (Formak) melakukan aksi demo di depan kantor DPRD Kota Balikpapan pada Senin (13/12).

Mereka mengkritik habis-habisan kinerja anggota dewan yang selama ini dinilai tidak efektif.

Ketua Formak Balikpapan, Jeriko Noldi, menyebut ada banyak janji wakil rakyat yang tidak ditepati.

“Kami masih cinta DPRD, cuma tujuan kami adalah kembalikan marwah, harkat dan martabat anggota dewan. Artinya, mereka bekerja sesuai janji mereka. Lalu banyak pelanggaran etika yang kita lihat. Kita mau pertanyakan juga apakah tatib mereka sudah selesai, yang mengatur mengenai etika anggota dewan,” katanya.

Selain itu, persoalan sidak anggota dewan juga disorot. Acap kali, kata dia, anggota dewan melakukan sidak namun tak kunjung ada hasil, terutama sidak masalah proyek.

“Lalu masalah sidak-sidak. Kemarin kan banyak itu sidak-sidak, cuma nggak ada hasil. Sampai sekarang kita menunggu hampir dua tahun sidak proyek-proyek, misalnya proyek PDAM, hasilnya mana, tidak ada. Nah, itu kita datang kesini untuk mengontrol mereka, kembalikan harkat, martabat dan marwah anggota dewan,” ujarnya.

Jeriko mengungkap banyak proyek yang belum selesai di kota Balikpapan. Ia menuding hal ini terjadi akibat banyaknya kepentingan dari pihak legislatif dan eksekutif.

“Karena ada kepentingan legislatif dan eksekutif. Dimana pertanggungjawaban anggota dewan yang mewakili masyarakat. Memang dari dulu tidak sinkron kecuali kepentingan. Kalau kepentingan pasti sinkron. Kalau tidak sinkron ya tidak punya kepentingan,” ungkapnya.

Bukan hanya itu saja, permasalahan kunjungan kerja (kunker) anggota dewan pun disorot. Ia menilai kegiatan berangkat dengan dalih bimtek ataupun lainnya hanya menghabiskan anggaran saja. Terlebih dalam satu waktu ada banyak anggota dewan yang berangkat bersamaan.

“Tanggal 9 Desember kemarin kita mau kesini, cuma nggak jadi karena ada 30 anggota dewan yang berangkat ke luar kota. Ya, harusnya nggak begitu lah, harusnya kan cuma 10, lah ini berangkatnya bareng, alasannya bimtek dan lainnya. Mereka menghamburkan anggaran karena sudah di masukkan ke dalam anggaran, kalau tidak berangkat kan jadi silpa,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan, Subari mengapresiasi kritik yang dilayangkan Formak.

Ia mengatakan kritikan tersebut akan menjadi masukan bagi anggota dewan untuk evaluasi. Bahkan ia menegaskan seluruh anggota dewan siap dievaluasi atas kinerjanya masing-masing.

“Intinya kita terima kasih dengan teman-teman Formak untuk mengukur kinerja kita selama dua tahun ini untuk menjadi evaluasi kita. Tentu masukan ini menjadi PR bagi kita untuk berbenah diri,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kaltim

Bersihkan Lahan, Warga Balikpapan Kaget Temukan Mortir Perang Dunia Kedua
Pesisir Balikpapan

Kaltim

Air Naik, Warga Pesisir Balikpapan Waswas Buaya
Chelsie Monica

Kaltim

Hadiri Perpisahan Wali Kota Balikpapan, Chelsie Monica: Saya Besar di Sini

Kaltim

Sempat Memanas, Keributan di Batu Ampar Akhirnya Dimediasi Polisi
Polda Kaltim

Kaltim

Isak Tangis Bapak Peluk Anaknya Usai Diringkus Polda Kaltim

Kaltim

Dinkes Balikpapan Serahkan Bukti Jual Beli Vaksin, Oknum Berdalih untuk Biaya Nakes

Kaltim

Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Kabar Baru Rencana IKN di Kaltim

Kaltim

Warga Luar Balikpapan Keluhkan Aturan Saat Ingin Vaksin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com