Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Empat Kecamatan Kepulauan Selayar Sulsel Turut Terdampak Gempa NTT

Menurut data pemerintah provinsi Sulses, gempa NTT menyebabkan 134 rumah warga rusak berat dan 212 lainnya rusak ringan.
- Apahabar.com     Rabu, 15 Desember 2021 - 07:30 WITA

Empat Kecamatan Kepulauan Selayar Sulsel Turut Terdampak Gempa NTT

Ilustrasi - Gempa bumi 7,5 magnitudo mengguncang Laut Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12). Foto-Istimewa via INews.id

apahabar.com, MAKASSAR – Gempa di Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (14/12) ikut berdampak ke empat kecamatan Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Sebagaimana dikutip dalam keterangan pers dari pemerintah provinsi di Makassar, Rabu (15/12), empat wilayah kecamatan tersebut yakni di Kecamatan Takabonerate, Pasilambena, Pasimarannu, dan Passimasunggu di Kabupaten Kepulauan Selayar rusak akibat gempa.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan bahwa 346 rumah warga di empat kecamatan itu rusak akibat gempa di NTT.

Menurut data pemerintah provinsi, gempa menyebabkan sebanyak 134 rumah warga di wilayah itu rusak berat dan 212 lainnya rusak ringan.

“Yang terparah terjadi di dua kecamatan terdekat dari pusat gempa, yakni Kecamatan Pasilambena dan Kecamatan Pasimarannu,” kata Andi.

Ia memerinci jumlah rumah warga yang rusak akibat gempa di Pasilambena sebanyak 43 unit, di Takabonerate satu unit, di Pasimasunggu empat unit, dan di Pasimarannu 298 rumah.

“Ada juga rumah ibadah yang rusak dua unit, sekolah tiga unit, dan gudang rusak ringan dua unit,” katanya, menambahkan, gempa juga menyebabkan enam orang terluka.

Andi mengatakan, pemerintah provinsi akan segera mengirimkan bantuan serta mengerahkan tim medis, tim dapur umum, dan tim evakuasi ke daerah yang terdampak gempa di Kepulauan Selayar.

“Tim medis bersegera ke lokasi, termasuk untuk membawa logistik yang sudah kita drop untuk satu ton pertama berupa beras, dan juga tim dapur umum untuk dua wilayah yang sangat terdampak di wilayah terdekat dari pusat gempa di NTT,” katanya.

Ia menambahkan, pengiriman bantuan untuk korban gempa akan dilakukan secara bertahap karena kapasitas kapal pengangkut logistik terbatas.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah akan mendirikan dapur umum di tempat-tempat pengungsian guna memenuhi kebutuhan makanan warga yang terdampak gempa.

“Kita berharap semua warga tenang dan tidak panik namun tetap waspada, serta senantiasa berdoa untuk keselamatan kita semua. Doakan juga semoga tim yang diturunkan dilancarkan sesuai rencana,” katanya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Wisata Gunung Tangkuban Parahu Tutup Sementara
apahabar.com

Nasional

Buron 2 Tahun, Direktur Perusda di Bontang Sempat Ngojek
apahabar.com

Nasional

BRG Perkenalkan Cara Buka Lahan Gambut Tanpa Membakar
apahabar.com

Nasional

Haji 2019; Satu Calon Jemaah Haji Meninggal di Pesawat
Banjir Kalsel

Nasional

Malam Ini! Metro TV Kupas Tuntas Biang Kerok Banjir Kalsel
apahabar.com

Nasional

Jokdri Diduga Terlibat Kasus Lain
apahabar.com

Nasional

Proses Pemilihan Komisaris dan Direksi Perusahaan BUMN Digelar Seperti Era SBY
apahabar.com

Nasional

Pelajar di Kalsel Susah Sinyal, Ketum HIPMI Minta Provider Internet Tingkatkan Kualitas Layanan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com