Via Pesantrenpreneur, Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Songsong Putaran Nasional Liga 3, Pemain Persemar Martapura Teken Kontrak Saingi Jembatan ‘Basit’, Banjarmasin Geber Megaproyek Pembelah Sungai Martapura Waketua DPRD Respons Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’ Fix! Sopir Batu Bara Tapin Batal Sweeping Truk Semen Tabalong

Enam Kali ke Final Piala AFF, Saatnya Timnas Indonesia Juara

- Apahabar.com     Sabtu, 25 Desember 2021 - 23:43 WITA

Enam Kali ke Final Piala AFF, Saatnya Timnas Indonesia Juara

Ezra Walian melakukan selebrasi, seusai mencetak gol pembuka Timnas Indonesia ke gawang Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020, Sabtu (25/12) malam. Foto: Detik

apahabar.com, JAKARTA – Sudah enam kali menjejak final Piala AFF, tampaknya sekarang menjadi momen yang tepat untuk Timnas Indonesia menjadi juara.

Timnas Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020, setelah mengalahkan Singapura dengan skor 4-2 atau agregat 5-3 dalam pertandingan semifinal leg kedua yang alot dan penuh drama di National Stadium, Sabtu (25/12).

Pertandingan harus diselesaikan dengan babak tambahan, setelah waktu normal berakhir dengan skor 2-2.

Indonesia sebenarnya unggul lebih dulu melalui Ezra Walian di menit 11, tapi dapat disamakan Song Ui-young di menit 45+4.

Shahdan Sulaiman membawa Singapura berbalik unggul di menit 74, sebelum gol Pratama Arhan di menit 87 menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

Lantas di babak tambahan, Indonesia diuntungkan gol bunuh diri Shawal Anuar di menit 91. Kemenangan Indonesia akhirnya dikunci gol Egy Maulana Vikri di menit 105.

Dalam pertandingan itu, Singapura menyelesaikan pertandingan dengan 8 pemain akibat tiga kartu merah.

Safuwan Baharudin diusir wasit di injury time babak pertama, disusul Irfan Fandi di menit 66. Kemudian di akhir babak tambahan, giliran Hassan Suny yang diganjar kartu merah.

Terlepas dari drama sepanjang 120 menit, Timnas Indonesia akhirnya bisa menyingkirkan Singapura di semifinal.

Meski sudah 60 kali berhadapan di berbagai kompetisi, Indonesia baru 2 kali menghadapi Singapura di semifinal Piala AFF.

Dalam pertemuan pertama di edisi 1998, sebiji gol Miro Baldo Bento tak mampu menyelamatkan Timnas Indonesia dari kekalahan 1-2.

Dengan demikian, Timnas Indonesia tercatat sudah enam kali mencapai final turnamen yang sebelumnya bernama Piala Tiger ini setelah edisi 2000, 2002, 2004, 2010 dan 2016.

Namun dari lima kesempatan berlalu, Indonesia harus selalu puas menjadi runner up. Singapura termasuk salah satu negara yang menjegal asa juara Garuda, ketika bertemu di final Piala AFF 2004.

Sementara Thailand tercatat tiga kali mengalahkan Indonesia di final. Satu kegagalan lain ditemui dalam pertandingan melawan Malaysia di final Piala AFF 2010.

Untuk melepas dahaga juara di Piala AFF 2020, Indonesia harus mengalahkan Thailand atau Vietnam yang akan melakoni leg kedua semifinal, Minggu (26/12).

Thailand lebih diunggulkan melangkah ke final, karena sudah mengantongi kemenangan 2-0 di leg pertama.

Penuh Drama, Timnas Indonesia Melangkah ke Final Piala AFF 2020

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Barito Putera

Sport

Jarang “Dimanja”, Aleksander Rakic Ngambek-Singgung Pelatih Barito Putera
Egy Maulana Vikri

Sport

Siap Dimainkan, Egy Maulana Vikri Bertekad Menangi Duel Kontra Singapura
apahabar.com

Sport

Jadwal Timnas U-19 Indonesia Vs Makodenia Utara Part II, Senangnya Elkan Baggot
apahabar.com

Sport

Semakin Panjang Kiprah Aditya Harlan di Barito Putera
Piala Dunia 2022

Sport

Besok! Indonesia Siapkan Taktik Kalahkan Afghanistan di Laga Uji Coba Piala Dunia 2022
apahabar.com

Sport

Kejurnas Lemkari Anton Lesiangi II Bakal Digelar di Kalsel
Sergio Ramos

Sport

Sah! Eks Kapten Real Madrid Sergio Ramos Berseragam PSG
apahabar.com

Sport

Bantu Barito Tekuk Borneo FC, Bukti Samsul Bomber Lokal Haus Gol
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com