Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan

Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan

Kepala BNPB Suharyanto mengatakan pihaknya menyiapkan dua unit helikopter untuk kebutuhan evakuasi korban letusan Gunung Semeru, Sabtu (4/12).
- Apahabar.com     Sabtu, 4 Desember 2021 - 23:53 WITA

Evakuasi Korban Erupsi Semeru, Dua Helikopter-Tiga Kompi TNI Dikerahkan

Warga terdampak erupsi Gunung Semeru dievakuasi di Sumberwuluh, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (4/12). Foto-Antara.

apahabar.com, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan pihaknya menyiapkan dua unit helikopter untuk kebutuhan evakuasi korban letusan Gunung Semeru, Sabtu (4/12).

Disamping itu ada tiga satuan setingkat kompi TNI yang dikerahkan untuk membantu penanganan dampak erupsi Gunung Semeru.

“Saya tadi sudah koordinasi dengan Kasdam Brawijaya, sudah juga membuat surat kepada Panglima TNI sudah koordinasi, kami pastikan tiga satuan setingkat kompi bisa membantu Pak Bupati di lapangan malam ini untuk melakukan penanganan awal,” kata Kepala BNPB dalam konferensi pers secara daring dilansir Antara, Sabtu malam.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang turut bergabung dalam konferensi pers tersebut meminta bantuan pasukan kepada Kepala BNPB untuk penanganan awal maupun membantu evakuasi warga yang masih terjebak.

Selain itu, Suharyanto juga memastikan telah menyiapkan dua unit helikopter yang bisa digunakan sewaktu-waktu apabila evakuasi korban tidak bisa dilakukan melalui jalur darat.

“Artinya keselamatan rakyat yang diutamakan. Jadi nanti kalau memungkinkan, kalau cuacanya bagus, BNPB akan menyiapkan dua unit helikopter kalau nanti evakuasi lewat darat tidak bisa, delapan orang yang terjebak akan kami upayakan untuk bisa dievakuasi,” kata Suharyanto.

Korban Erupsi Gunung Semeru; 1 Orang Tewas, 10 Warga Terjebak di Dusun

Wakil Bupati Lumajang Indah Masdar yang turut hadir dalam telekonferensi tersebut mengatakan di Desa Sumberwuluh yang terdapat area tambang terdapat dua orang yang hilang sampai sekarang belum bisa ditemukan. Selain itu ada sekitar delapan orang yang terjebak di area tambang.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru di Dusun Poncokusumo melaporkan kronologi kejadian guguran awan panas Gunung Semeru tercatat mulai pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 mm.

“Pada pukul 15.10 WIB Pos Gunung Sawur melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas sangat jelas teramati mengarah ke Desa Besuk Kobokan beraroma belerang,” kata Kepala BNPB Suharyanto.

Berdasarkan catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi, kata Suharyanto, guguran lava pijar teramati 500 sampai 800 meter dengan pusat guguran kurang lebih 500 meter di bawah kawah.

Dampak Semeru Meletus, Wabup Lumajang: Hampir Semua Rumah Satu Dusun Hancur

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Tak Berkategori

Mulai Juni, Citilink Angkut Penumpang Lagi
apahabar.com

Tak Berkategori

Duh, 14 Pasien Baru Covid-19 Ditemukan di Batola
apahabar.com

Tak Berkategori

Resmi, Jadwal Timnas Indonesia U-19 vs Qatar Disiarkan Live Streaming Mola TV, Kamis 19 September 2020 Malam
apahabar.com

Tak Berkategori

Salat Id di Banjarmasin, Satu Kelurahan Dibolehkan?
Demokrat

Politik

Demokrat Kalsel Nyatakan Sikap, Kemenkumham: Tak Ada Pendaftaran KLB Sumut

Tak Berkategori

Kronologis Mahasiswa KKN di Kapuas Berjoget Ria di Atas Ambulans
Polsek Hampang

Tak Berkategori

Personel Polsek Hampang Kotabaru Antar Jenazah Bocah Kakak Beradik ke Pemakaman
apahabar.com

Tak Berkategori

Liverpool Permalukan Chelsea di Stamford Bridge Berkat Sadio Mane
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com