Via Pesantrenpreneur, Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Songsong Putaran Nasional Liga 3, Pemain Persemar Martapura Teken Kontrak Saingi Jembatan ‘Basit’, Banjarmasin Geber Megaproyek Pembelah Sungai Martapura Waketua DPRD Respons Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’ Fix! Sopir Batu Bara Tapin Batal Sweeping Truk Semen Tabalong

Gelar Pelatihan Kader, KPU Kalsel Ingin Partisipasi Pemilu 2024 Bertambah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Banua.Untuk itu
- Apahabar.com     Senin, 13 Desember 2021 - 22:48 WITA

Gelar Pelatihan Kader, KPU Kalsel Ingin Partisipasi Pemilu 2024 Bertambah

Warga dua kelurahan di Banjarmasin ikuti pelatihan kader untuk tingkatkan partisipasi pemilih Pemilu 2024 di Aula KPU Kalsel, Senin (13/12). Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Banua.

Untuk itu mereka menggelar pendidikan pemilih untuk wilayah dengan partisipasi pemilih rendah.

“Pelatihan kader ini difokuskan pada wilayah yang partisipasi pemilihnya rendah pada Pilkada lalu. Kami mulai dari kelurahan atau desa di Banjarmasin,” kata anggota KPU Kalsel, Edy Ariansyah, usai pelatihan kader di aula KPU Provinsi , Senin (13/12).

Edy mengatakan untuk tahap awal, pelatihan digelar di Kota Banjarmasin dengan partisipasi pemilih rendah pada Pilkada 2020.

Di pelatihan awal ini, ada 50 kader desa peduli Pemilu yang ikut. Mereka dilatih materi tentang demokrasi Pemilu, partisipasi, teknik komunikasi publik, pemetaan dan pemilahan serta klasifikasi informasi hoax, berita bohong hingga ujaran kebencian.

“Sasarannya memang pada lapisan desa, dengan tema dari desa untuk demokrasi, dari desa untuk Indonesia,” jelas Edy Ariansyah.

Edy Ariansyah menambahkan, pelatihan kader ini juga ditujukan untuk mentransformasikan pemahaman demokrasi dan Pemilu, sehingga gerakan dalam peningkatan kualitas dan kuantitas partisipasi masyarakat dalam Pemilu menjadi lebih baik.

“Kita mulai dari hasil evaluasi Pilkada 2020 lalu, dimana Kota Banjarmasin memiliki partisipasi pemilih rendah,” ujar mantan staf ahli Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI.

Diharapkan, pelatihan kader pemilu dan Pilkada semacam ini bisa ditindaklanjuti kabupaten/kota dengan mengganggarkan pada APBD masing-masing.

“Kita membangun demokrasi dari basis desa, sehingga demokrasi bukan hanya milik elite, namun milik semua masyarakat Indonesia,” kata Edy Ariansyah.

Hal ini memungkinkan mereka merasa memiliki dan mencegah segala bentuk pelanggaran, informasi bohong dan lainnya, sehingga kualitas demokrasi semakin meningkat.

“Kita mulai pada 2021 ini dan diteruskan bertahap hingga Pemilu serentak 2024,” tegasnya.

Anggota KPU Kota Banjarmasin, Taufiqurrahman mengatakan, pelatihan kader ini dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih yang dilaksanakan serentak di Indonesia.

“Kota Banjarmasin menjadi salah satu lokus pelaksana kegiatan ini, mengingat partisipasi pemilih masih rendah, terutama di enam kelurahan,” kata Taufiqurrahman.

Ditambahkan, dari enam kelurahan yang partisipasi pemilih di bawah 50 persen pada Pilkada 2020 lalu, dipilih dua kelurahan yakni Kelurahan Gadang dengan partisipasi pemilih 43 persen lebih dan Pekapuran Raya 45 persen.

“Pendidikan kader ini akan ditindaklanjuti lagi dengan kegiatan serupa di enam kelurahan lainnya, diluar Gadang dan Pekapuran Raya,” jelasnya.

Taufiqurrahman mengakui telah berkoodinasi dengan Pemko Banjarmasin dan Kesbangpolinmas untuk melaksanakan pelatihan kader ini dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.

“Alhamdulillah, rencananya pada 2022 mendatang bisa dilaksanakan pelatihan kader di enam kelurahan, yang dianggarkan pada Kesbangpolinmas,” jelasnya.

Sementara itu, pemilih muda dari Kelurahan Gadang, M Ari Pratama mengaku sangat mendukung kegiatan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu maupun Pilkada. “Jadi kita mengetahui materi mengenai Pemilu dan Pilkada, serta akan menyebarkan ke warga lainnya agar partisipasi pemilihan di Kota Banjarmasin meningkat,” tambahnya.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Curi Motor dan Tusuk Warga, Pemuda Bahaur Pemanjat Tower Mataraman Diduga Depresi
Kotabaru

Kalsel

Realisasi Kompensasi Tambang Sebuku Macet, Aliansi Kotabaru Ancam Kerahkan Massa
apahabar.com

Kalsel

Jumlah Pemudik di Pelabuhan Trisakti Meningkat, Tahun Ini Capai 14.769 Orang
apahabar.com

Kalsel

Geger Kebakaran di Alalak Utara
DRPD Banjar

Kalsel

PPKM Bertahan di Level II, DPRD Banjar Bahas Rencana Pembukaan Ziarah Makam
Barsanas

Kalsel

Basarnas Gelar Rapat di Tabalong, “Tantangan Makin Undppredictable”
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Hujan, BMKG: Waspadai Petir dan Angin Kencang
apahabar.com

Kalsel

Pencabulan di Ponpes Limpasu HST, Pengamat Tuntut Hukuman Kebiri
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com