Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru

Gotong Royong Perbaikan Jalan Loksado HSS, Pemda Siapkan Anggaran Darurat

Warga Desa Hulu Banyu dan Ulang Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan (HSS) gotong royong memperbaiki jalan utama akses keluar masuk
- Apahabar.com     Rabu, 1 Desember 2021 - 20:00 WITA

Gotong Royong Perbaikan Jalan Loksado HSS, Pemda Siapkan Anggaran Darurat

Gotong royong memperbaiki jalan utama menuju Desa Ulang Kecamatan Loksado. Foto-Sekdes Hulu Banyu/apahabar.com.

apahabar.com, KANDANGAN – Warga Desa Hulu Banyu dan Ulang Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan (HSS) gotong royong memperbaiki jalan utama akses keluar masuk desa yang rusak akibat erosi. Erosi ini disebabkan derasnya arus sungai beberapa waktu kemarin.

Jalan lintas desa tersebut sudah bisa dilalui sehingga aktivitas masyarakat kembali normal, Rabu (1/12).

Sekdes Hulu Banyu Yusran mengatakan bahwa kondisi jalan yang sebelumnya rusak sudah diperbaiki secara gotong royong antara dua desa, yakni Hulu Banyu dan Ulang. Melibatkan kurang lebih 70 orang.

Dinas PUTR HSS dan Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan memeriksa kondisi longsor di jalan Kandangan-Loksado. Foto-Sekdes Hulu Banyu/apahabar.com.

“Sudah selesai pada hari Selasa (30/11) kemarin pukul 17.30 WITA,” katanya.

Gotong royong penanganan darurat ini dilakukan warga dengan menggunakan bahan yang bersifat sementara seperti menumpuk bebatuan, tanah dan kayu.

Yusran mengungkapkan, kondisi terkini jalan Kandangan-Loksado juga sudah bisa dilewati masyarakat maupun wisatawan yang ingin berkunjung.

Beberapa titik longsor sudah bisa dibersihkan oleh pemerintah daerah dibantu pihak kecamatan dan Polsek Loksado.

“Semoga penanganan rawan bencana khususnya di Desa Hulu Banyu bisa direncanakan dengan baik supaya tidak terulang kejadian serupa nantinya,” tandas Yusran.

Terpisah, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) HSS telah membantu penanganan dan meninjau lokasi longsor bersama Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas PUTR HSS melalui Kabid Bina Marga Isnaniah menjelaskan bahwa pihak provinsi sudah merencanakan untuk penanganan dinding tanah yang mengalami longsor.

“Kami juga telah melaksanakan survey berupa pengukuran dan pendataan pada beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan dan beberapa titik longsor,” jelasnya.

Sebelumnya diketahui, sejumlah infrastruktur atau fasilitas umum rusak pascabanjir akhir November kemarin.

Dua oprit jembatan di Desa Niih Kecamatan Loksado dan Desa Batu Bini Kecamatan Padang Batung rusak.

Terjadi pergeseran jembatan di Desa Malilingin serta rusaknya jalan menuju Desa Ulang Kecamatan Loksado akibat tergerus derasnya arus sungai.

“Ada tambahan, Jembatan Wariung di Desa Ulang dan jembatan menuju Air Terjun Haratai rusak, serta longsor di Desa Tumingki,” imbuhnya.

Selanjutnya, Dinas PUTR HSS melakukan penanganan dengan usulan melalui dana tanggap darurat bersifat penanganan sementara dengan tujuan utama supaya tidak ada warga yang terisolir.

“Untuk penanganan jangka panjang seperti pembangunan baru akan diusulkan pada tahun anggaran yang akan datang,” pungkasnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

PKL Pasar Kandangan

Pemkab HSS

Bikin Macet, PKL Pasar Kandangan Ditata Ulang

Pemkab HSS

Pemkab HSS Bahas Tunjangan Perbaikan Penghasilan Dokter
Pemkab HSS Jalin Sinergisitas

Pemkab HSS

Konsolidasi KOTAN, BNNK Bersama Pemkab HSS Jalin Sinergisitas
PWI HSS

Pemkab HSS

Bupati Fikry Dukung Pembentukan PWI HSS
Perpisahan Dandim HSS

Pemkab HSS

Lampion Terbang Sambut Perpisahan Dandim 1003 HSS
Dampingi Percepatan Vaksinasi Pelajar Sekolah

Pemkab HSS

Bupati HSS Terus Dampingi Percepatan Vaksinasi Pelajar Sekolah
KLA 2021

Pemkab HSS

Selamat, Pemkab HSS Raih Kategori Madya Penghargaan KLA 2021

Pemkab HSS

Bupati HSS Pastikan Target 70 Persen Vaksinasi Tercapai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com