[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, Wabup Banjar Simak Pesan Jokowi dengan Seksama

- Apahabar.com     Kamis, 9 Desember 2021 - 20:12 WITA

Hari Anti Korupsi Sedunia 2021, Wabup Banjar Simak Pesan Jokowi dengan Seksama

Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie mengikuti peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara virtual, di Command Center Manis Martapura, Kamis (9/12).

apahabar.com, MARTAPURA – Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie mengikuti peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia 2021 yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara virtual, di Command Center Manis Martapura, Kamis (9/12).

Bertema Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) hadir langsung di gedung merah putih KPK untuk membuka kegiatan puncak Hari Anti Korupsi Sedunia 2021.

Jokowi menuturkan, jumlah kasus korupsi termasuk luar biasa pada periode Januari sampai November 2021 yang ditangani aparat penegak hukum.

Jokowi menyebut, Polri telah melakukan penyidikan 1.032 perkara korupsi. Pada periode yang sama Kejaksaan juga telah melakukan penyidikan sebanyak 1.486 perkara korupsi.

“Beberapa kasus korupsi besar juga berhasil ditangani KPK secara serius, antara lain kasus Jiwasraya, Asabri dan Kasus BLBI,” ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Jokowi, penilaian masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi masih belum baik.

Ia mengungkap dalam sebuah survey nasional bulan November 2021 lalu, masyarakat menempatkan pemberantasan korupsi sebagai permasalahan kedua yang mendesak untuk diselesaikan.

Sedangkan diurutan pertama penciptaan lapangan pekerjaan dan urutan ketiga harga kebutuhan pokok.

“Metode pemberantasan korupsi harus terus kita perbaiki, penindakan jangan hanya menyasar peristiwa hukum yang membuat heboh di permukaan, namun dibutuhkan upaya-upaya lebih fundamental dan lebih komprehensif yang dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat,” katanya.

Selain itu, ucap Jokowi, upaya penindakan secara tegas dan tidak pandang bulu sangat penting dilakukan.

“Bukan hanya untuk memberikan efek jera kepada pelaku, tetapi penindakan juga sangat penting untuk menyelamatkan uang negara dan mengembalikan kerugian negara,” jelasnya.

Jokowi menambahkan, pemerintah terus mendorong ditetapkannya Undang-Undang perampasan aset tindak pidana sehingga diharapkan tahun depan bisa diselesaikan, agar penegakan hukum yang berkeadilan dapat terwujud secara profesional, transparan, dan akuntabel untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Kegiatan yang diikuti Wabup Banjar secara virtual tersebut, Habib Idrus Al Habsyie mengikuti secara seksama yang didampingi Asisten Bidang Administrasi Umum, Hj Siti Mahmudah dan Sekretaris Inspektorat Kabupaten Banjar, Min’am Naqi.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Ingin Proyek Penataan Sekumpul Sesuai Harapan
Paru-Paru Dunia

Pemkab Banjar

Bupati Saidi Menanam Pohon: Kalimantan Paru-Paru Dunia
Si Melon

Pemkab Banjar

Tekan Kelangkaan Si Melon, Bupati Banjar Launching Kartu Kendali Elpiji Bersubsidi

Pemkab Banjar

Pesan Bupati Banjar ke Kades PAW: Sering-sering Konsultasi Terkait Pembangunan Desa
Bupati Banjar

Pemkab Banjar

Bupati Banjar Minta Kepengurusan KONI Kolaborasi Tua-Muda
Kemenko PMK

Pemkab Banjar

Kemenko PMK Kunjungi Langsung Anak Stunting di Kabupaten Banjar
Kapolda Kalsel didampingi Forkopimda Kabupaten Banjar mengundi hadiah umrah gratis program vaksinasi di Kabupaten Banjar, Kamis (23/12). Foto: Istimewa

Pemkab Banjar

Undian Vaksinasi di Kabupaten Banjar, Ati Orang Pertama Dapat Umrah Gratis

Pemkab Banjar

Nyangkut Jembatan Lagi, Damkar Banjar Turun Tangan Atasi Rumpun Bambu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com