Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Hasanuddin Murad Bicara Soal Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Batola

Anggota DPRD Kalsel, H Hasanuddin Murad SH mengingatkan warga perlunya mengetahui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.
- Apahabar.com     Jumat, 24 Desember 2021 - 23:00 WITA

Hasanuddin Murad Bicara Soal Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana di Batola

Anggota DPRD Kalsel, H Hasanuddin Murad gencar sosialisasikan Perda Penanggulangan Bencana. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Anggota DPRD Kalsel, H Hasanuddin Murad SH mengingatkan warga perlunya mengetahui Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana.

Politikus senior Partai Golkar tersebut mengatakan itu saat penyebarluasan/sosialisasi Perda 6/2017 di Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pasalnya, ujar mantan Bupati Batola dua periode itu, dalam Perda 6/2017 tersebut mengatur hak dan kewajiban warga masyarakat terkait penanggulangan bencana.

“Masyarakat, terlebih pegiat relawan penanggulangan bencana perlu lebih memahami prosedur dan hal-hal lain yang harus mereka lakukan ketika terjadi bencana untuk penanggulangannya,” lanjutnya.

“Apalagi seperti sekarang (Desember dan Januari) musim penghujan, serta dimana-mana terjadi bencana banjir,” tambah alumnus Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin itu.

Oleh karenanya, dalam Sosper tersebut mantan anggota DPR RI itu juga mengundang para relawan/pegiat penanggulangan bencan agar tahu pula kemana mereka mengadu/melaporkan manakala terjadi bencana.

Pada Sosper tersebut menghadirkan narasumber mantan Kepala Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Batola yang sebulan memasuki purna bakti/pensiun.

Mengenai bencana banjir yang melanda Batola, dia mengatakan, ada dua penyebab yaitu rob atau gelombang pasang dan kiriman dari daerah pegunungan, seperti Kabupaten Banjar serta Kabupaten Tapin.

“Mereka yang terimbas rob yang tinggal dekat pesisir pantai atau Sungai Barito. Namun banjir rob itu hanya dua-tiga jam sudah surut kembali,” ujarnya.

“Tapi baik banjir rob maupun kiriman karena curah hujan yang tinggi, warga masyarakat tatap harus waspada guna menghindari atau mengurangi risiko yang mungkin terjadi,” lanjutnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Tabrak Fender Jembatan Rumpiang, Siap-Siap Disanksi
Hasanuddin Murad

DPRD Kalsel

Hasanuddin Murad Gelar Sosper Budaya Banua dan Kearifan lokal

DPRD Kalsel

Dewan Kalsel Kawal Anggaran Porprov 2022
Vaksinasi

DPRD Kalsel

Ketua DPRD Kalsel: Anggota Dewan Wajib Divaksin

DPRD Kalsel

Anggota DPRD Kalsel Bagi Sembako untuk Korban Banjir

DPRD Kalsel

Fraksi PDIP Soroti Ganti Rugi Lahan Pemprov Kalsel yang Belum Dibayar
apahabar.com

DPRD Kalsel

Demo di DPRD Kalsel, Anggota Dewan Turun Temui Mahasiswa
apahabar.com

DPRD Kalsel

Sekretariat DPRD Kalsel Proses PAW Dua Anggota Dewan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com