Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

IGA 2021, Tabalong Raih Peringkat Empat Kategori Kabupaten Terinovatif

Tabalong berhasil meraih peringkat empat pada kategori kabupaten terinovatif di ajang Innovative Government Award (IGA) 2021.
- Apahabar.com     Rabu, 29 Desember 2021 - 14:40 WITA

IGA 2021, Tabalong Raih Peringkat Empat Kategori Kabupaten Terinovatif

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani berfoto bersama Mendagri M Tito Karnavian usai menerima penghargaan dan thropy Innovative Government Award. Foto - Istimewa

apahabar.com, TANJUNG – Tabalong berhasil meraih peringkat empat pada kategori kabupaten terinovatif di ajang Innovative Government Award (IGA) 2021.

Piagam dan thropy IGA tersebut diterima langsung Bupati Anang Syakhfiani dari Rektor IPDN Hadi Prabowo yang disaksikan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, di Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Rabu (29/12).

Penghargaan ini diraih dengan cara yang tidak mudah. Tabalong harus bersaing dengan 417 kabupaten seluruh Indonesia.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani sangat bersyukur atas prestasi yang diraih pada kompetisi inovasi pemerintah daerah yang dibuat Kemendagri.

”Alhamdulillah kita berada pada peringkat empat pada kategori kabupaten terinovatif. Ini sangat membanggakan, terlebih tahun yang lalu kita masih tercecer di peringkat 274 atau masuk ke dalam golongan kabupaten kurang inovatif,” sambungnya.

Kata Anang, peringkat keempat se-Indonesia pada IGA tahun 2021 menjadi bukti kerja keras semua pihak yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabalong untuk membuat inovasi dan terobosan serta mengaplikasikannya untuk masyarakat.

“Kita harus terus melakukan inovasi, karena seperti Mendagri katakan bahwa inovasi merupakan keharusan dalam menjalankan pemerintahan,” tegasnya.

Dari 34 inovasi Pemkab Tabalong yang dijaring tim penilai IGA 2021, ada 5 inovasi dan terobosan yang menjadi unggulan yaitu Perumda Kanda Tani (Perusahaan Umum Daerah Meningkatkan Pendapatan Petani), Taman Beta (Tetap Pintar dan Aman Dengan Belajar Melalui TV Tabalong).

Kemudian, Paliat Online (Pelayanan Aplikasi Perijinan Tabalong Online), Langsat Manis (Layanan Angkutan Gratis dan Nyaman Untuk Masyarakat) dan Inovasi Tanjung Bersinar (Tanya, Jaga dan Dukung Bersama si Penyintas Corona).

Setelah melewati 4 tahapan secara Nasional, 39 pemerintah daerah masuk nominator IGA Tahun 2021.

Adapun ke-39 Pemda tersebut telah dibagi ke dalam beberapa klaster, yakni tujuh Pemerintah Provinsi, 12 Pemerintah Kota, 12 Pemerintah Kabupaten, 5 Pemda di daerah perbatasan, serta 3 Pemda di daerah tertinggal. Tabalong masuk dalam 12 Pemerintah Kabupaten.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, M Tito Karnavian menjelaskan pemberian penghargaan inovasi Pemda merupakan sesuatu yang membangun serta untuk menunjukan kinerja nyata Pemda dalam pembangunan dan pelayanan bagi masyarakat.

”Masyarakat juga ikut menilai langsung terobosan Pemdanya,” jelasnya seperti dilansir di channel YouTube Litbank Kemendagri.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tabalong

Tabalong

Kepatuhan Warga Banua Lawas Tabalong Terapkan Prokes Capai 95 Persen
Vaksin

Tabalong

3.587 Orang di Tabalong Sudah Disuntik Vaksin Covid-19
apahabar.com

Tabalong

Lagi, 68 Pasien Sembuh Covid-19 di Tabalong
Operasi Yustisi

Tabalong

Belasan Warga di Upau dan Banua Lawas Tabalong Terjaring Operasi Yustisi
Obor Mabuun

Tabalong

HUT Tabalong, Saat Warga Berharap Api Abadi Mabuun Menyala Kembali

Tabalong

Ratusan Anggota Muda Kwartir Ranting Tanjung Disuntik Vaksin Covid-19

Tabalong

Brimob Kompi 2 Tanjung Patroli Wilayah Rawan Banjir di Tabalong
vaksin Covid-19

Tabalong

Puluhan Ribu Orang di Tabalong Sudah Divaksin Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com