Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Insan Pers Gandeng ITP Perangi Sampah di Kampung Pelangi Kotabaru  

- Apahabar.com     Rabu, 22 Desember 2021 - 17:04 WITA

Insan Pers Gandeng ITP Perangi Sampah di Kampung Pelangi Kotabaru   

Insan pers menggandeng ITP untuk memerangi sampah di Kampung Pelangi Kotabaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Puluhan insan pers di Kotabaru turun ke kampung pelangi, Desa Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam, (21/12).

Bersama PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP), para pemburu berita berkolaborasi menyampaikan pentingnya memelihara lingkungan dari sampah. Warga juga diberikan pemahaman cara memilih sampah yang bernilai ekonomi.

“Tiga bulan sekali bersama ITP media gathering. Di sana, beragama kegiatan bernuansa sosial dilaksanakan. Kali ini kami sosialiasi ihwal pentingnya pemilahan sampah di kampung pelangi,” ujar Icah.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada masyarakat perihal macam-macam sampah, mulai, sampah organik, anorganik, serta sampah B3.

Dia menjelaskan smpah organik meliputi, sampah dedaunan, sisa makanan, sisa sayuran, dan kulit buah. Sementara sampah anorganik di antaranya, sampah plastik, kardus, karet, kaleng, kertas dan lainnya.

Sementara untuk kategori sampah berbahaya, atau disebut B3 meliputi, pengharum ruangan, deterjen pakaian, pemutih pakaian, dan lainnya.

“Jadi, untuk sampah anorganik, jika dipisahkan akan bermanfaat, dan bernilai ekonomis, dan sejauh ini sudah berjalan di kampung pelangi yang menjadi binaan desa, dan lingkungan hidup,” pungkasnya.

Humas PT ITP, Agus Rifani, mengatakan sampah dapat dimanfaatkan dan bisa menambah penghasilan jika dikelola dengan baik dan benar.

“Dengan pemilahan, lalu dijadikan sebagai bahan kerajinan tangan yang menarik, maka limbah atau sampah akan bisa mendatangkan uang, dan menjadi penghasilan tambahan bagi warga,” ujar Agus.

Di Desa Hilir Muara telah berjalan program pengelolaan sampah yang baik, melalui Bank Sampah, sehingga sampah makin jarang terlihat.

“Kami berharap sosialiasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dari sampah. Tidak lagi membuang sampah sembarangan, dan dapat ditiru oleh masyarakat lainnya di Kotabaru,” tandasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kota Baru

Giliran Kejari Kotabaru Bagikan Ratusan Bungkus Daging Kurban

Kota Baru

Cegah Balap Liar di Malam Ramadan, Satlantas Polres Kotabaru Gelar Cipta Kondisi

Kota Baru

Hari ini, 3 Warga Kotabaru Terpapar Covid-19
Sepuluh KK korban longsor masih bertahan di Maradapan Pulau Sembilan Kotabaru. Foto: Istimewa

Kalsel

Tersisa 10 KK, Begini Kondisi Terkini Korban Longsor di Pulau Sembilan Kotabaru
infeksi kulit

Kalsel

Warganya Terinfeksi Kulit, Kapolsek dan Camat di Kotabaru Turun Tangan

Kota Baru

Peringati Nuzulul Quran, Kapolsek Kelumpang Tengah Salurkan Ratusan Alquran Saku
Jalan Rusak Kotabaru

Kalsel

Jalan Rusak, Guru Wanita Rampa Cengal Kotabaru Minta Pemerintah Turun Tangan
bantuan

Kota Baru

Bank Syariah Indonesia Sumbang Rp10 Juta untuk Pembangunan Masjid Yazidatul Ula Kotabaru
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com