Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Kalsel Tuan Rumah, Masjid Al-Karomah Martapura Bakal Jadi Pusat MTQ Nasional 2022

Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXIX Tahun 2022.Rencananya, penyelenggaraan
- Apahabar.com     Kamis, 2 Desember 2021 - 10:50 WITA

Kalsel Tuan Rumah, Masjid Al-Karomah Martapura Bakal Jadi Pusat MTQ Nasional 2022

Plt Kepala Biro Kesra Provinsi Kalsel, M Mustajab dan Pengurus LPTQ Provinsi Kalsel saat audiensi dengan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie terkait penyelenggaraan MTQ Nasioal 2022, Rabu (1/12). Foto-apahabar.com/Istimewa

apahabar.com, MARTAPURA – Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XXIX Tahun 2022.

Rencananya, penyelenggaraan MTQ di tiga daerah yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Banjarmasin. Di mana pusat penyelenggaraan di Masjid Agung Al-Karomah Martapura.

Kalsel menjadi tuan rumah MTQ Nasional ditetapkan Kementerian Agama (Kemenag) RI di sela-sela kegiatan MTQ ke-28 di Padang, Sumatra Barat, November 2020 lalu.

Penetapan tuan rumah ditandai dengan penyerahan bendera MTQ oleh Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid kepada Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan saat penutupan MTQ Nasional di Masjid Raya Sumatera Barat, Jumat (20/11/2020) lalu.

Kalsel kembali mengulang sejarah 51 tahun silam, dimana tahun 1970 menjadi tuan rumah MTQ Nasional ke-III yang dipusatkan di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Untuk menyukseskan hajatan dua tahunan itu, kini Pemprov Kalsel bersama pemerintah daerah terkait sudah bersiap-siap.

“MTQ Nasional ke-29 tahun 2022 harus sukses, baik dari penyelenggaraan maupun prestasi,” ujar Plt Kepala Biro Kesra Provinsi Kalsel, M Mustajab saat audiensi dengan Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al-Habsyie di ruang kerjanya Kantor Setda Banjar, Rabu (1/12).

Dikatakannya, menjadi tuan rumah adalah sebuah amanah kepada daerah yang tentunya akan membawa nama baik daerah di kancah nasional.

“Mengingat yang akan bertanding adalah duta-duta dari kabupaten/kota, dan hadirnya seluruh kafilah dari 34 provinsi se-Indonesia, semoga akan memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat,” harap Mustajab.

Sementara itu, Ketua II Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalsel, HM Arsyad menyampaikan, sesuai arahan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, sebagian besar pelaksanaan MTQ berada di Kabupaten Banjar.

“Tanggal pelaksanaan masih belum ditetapkan, nanti akan ditetapkan dari tim Kementerian Agama yang akan berkonsultasi dengan kita dan yang pasti dilaksanakan tahun 2022,” ucapnya.

Kendati belum ditetapkan resmi, MTQ Nasional diinginkan terlaksana pada Agustus 2022. Untuk anggaran, Pemprov Kalsel menyiapkan Rp 63 miliar melalui dana APBD Provinsi Kalsel.

Di tempat yang sama Ketua LPTQ Kabupaten Banjar, H Masruri mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi bagian dari tempat pelaksanaan MTQ Nasional di Kalsel.

“Terkait dengan itu ada beberapa venue sebagai tempat lomba yang harus kita persiapkan khususnya untuk lokasi di wilayah Kabupaten Banjar”, ujarnya di hadapan para Pengurus LPTQ Provinsi Kalsel.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Duel Maut Murung Keraton Martapura, Pria Berbadan Besar Tewas Ditikam
apahabar.com

Kalsel

Aduh! Portal Jembatan Alalak II Ditabrak Lagi, Pelaku dalam Pengejaran
apahabar.com

Kalsel

Dipindah ke Ulin, Intip Kondisi Terbaru Wali Kota Banjabaru
apahabar.com

Kalsel

Aturan Peredaran Minol, Komisi II Pertanyakan Komitmen Ibnu Sina
Vaksin di Banjarmasin

Kalsel

Distribusi Terhambat, Stok Vaksin di Banjarmasin Hanya Cukup untuk 3 Hari
apahabar.com

Kalsel

Relokasi Masih Terkendala Lahan
apahabar.com

Kalsel

Jelang Lebaran Toko Emas Ramai Dikunjungi
apahabar.com

Kalsel

Jusuf Kalla akan Resmikan Unit Transfusi Darah PMI Tanbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com