Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Kasus Karhutla di Kaltim Tahun Ini Menurun

Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Timur menjadi perhatian bersama. Namun tahun ini kasus Karhutla di Kaltim turun hingga 51 persen.
- Apahabar.com     Kamis, 16 Desember 2021 - 18:10 WITA

Kasus Karhutla di Kaltim Tahun Ini Menurun

Karhutla di Kaltim menurun. Foto-Ilustrasi/Istimewa

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Timur menjadi perhatian bersama. Namun tahun ini kasus Karhutla di Kaltim turun hingga 51 persen.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor. Dari perhitungan yang dilakukan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama LAPAN, total luas karhutla periode bulan Januari – Februari tahun 2021 seluas 4.813 ha.

“Angka ini masih menunjukkan penurunan sebesar 51 persen jika dibandingkan tahun 2020,” kata Isran Noor, di Novotel Balikpapan pada Kamis (16/12).

Hal ini terbukti di beberapa tahun terakhir di Kaltim menunjukkan tren positif dengan semakin rendahnya luas areal kebakaran hutan. Kaltim merupakan yang paling sedikit dibandingkan dengan daerah lain termasuk Kalimantan.

“Kita juga tidak boleh lengah untuk menjaga wilayah Kalimantan timur terutama dengan adanya pembangunan wilayah IKN di Kalimantan Timur,” ungkapnya.

Kebakaran hutan dan lahan menimbulkan dampak negatif terhadap aspek sosial, ekonomis, ekologis, politis, baik pada skala nasional, regional (Asean) maupun global (perubahan iklim dan pemanasan global) yang beresiko sangat merugikan bagi daerahnya dan negara, untuk itu melakukan tindakan- tindakan pencegahan dan penanggulangan terhadap kejadian kebakaran hutan dan lahan.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi pada Polda Kaltim yang melakukan upaya penanggulangan karhutla denganmembuat aplikasi monitoring karhutla Lembuswana ini. Semoga dengan aplikasi ini dapat semakin mempermudah upaya pengendalian kebakaran lahan hutan di Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Ternak Sapi, Kaltim Gagas Seribu Kandang Penggembalaan Mini

Kaltim

Satu Keluarga Covid-19, Status PPKM Balikpapan Berubah Jadi Level 2
apahabar.com

Kaltim

Kaltim Lirik Potensi Limbah Sawit
Misteri Anak Hilang

Kaltim

Misteri Anak Hilang di Balikpapan, Polisi Dalami Latar Belakang Keluarga

Kaltim

Adu Banteng, Pedagang Tempe Tewas Depan Hotel Grand Senyiur Balikpapan

Kaltim

Beli Motor Murah Lewat Facebook, Rp4,7 Juta Melayang
Hotel Grand Tiga Mustika

Kaltim

Hotel Grand Tiga Mustika Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 yang Baru
Penipuan Loker

Kaltim

Penipuan Loker Kembali Marak di Balikpapan, Janji Kerja di Tambang
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com