Via Pesantrenpreneur, Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Songsong Putaran Nasional Liga 3, Pemain Persemar Martapura Teken Kontrak Saingi Jembatan ‘Basit’, Banjarmasin Geber Megaproyek Pembelah Sungai Martapura Waketua DPRD Respons Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’ Fix! Sopir Batu Bara Tapin Batal Sweeping Truk Semen Tabalong

Kemenkumham Bakal Buka Kantor Layanan Imigrasi Banjarmasin

Jadi wilayah paling banyak menyumbang jemaah umrah di tanah air, Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal meningkat layanan keimigrasian.
- Apahabar.com     Selasa, 28 Desember 2021 - 16:14 WITA

Kemenkumham Bakal Buka Kantor Layanan Imigrasi Banjarmasin

Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata saat bertemu Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina di kantornya Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Selasa (28/12). Foto-Istimewa.

apahabar.com, BANJARMASIN – Jadi wilayah paling banyak menyumbang jemaah umrah di tanah air, Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal meningkat layanan keimigrasian.

Hal itu disampaikan Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata saat bertemu Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina di kantornya Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Selasa (28/12).

Teodorus mengatakan Kalsel adalah wilayah nomor dua dalam jumlah jemaah umrah se-Indonesia dan akhir-akhir ini pembuatan paspor mulai mengalami peningkatan sebesar 10%.

Kepala Divisi Keimigrasian, Teodorus Simarmata saat bertemu Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina di kantornya Jalan RE Martadinata, Banjarmasin, Selasa (28/12). Foto-Istimewa.

“Hal tersebut yang perlu kita persiapkan seperti Sentra Pelayanan Keimigrasian, di mana sebelumnya sudah beroperasi di Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tapin. Dan seperti yang pernah disampaikan oleh Sekda Provinsi Kalsel bahwa perancang peraturan perundang-undangan agar dapat merancang peraturan daerah yang dapat menunjang Pendapatan Asli Daerah Provinsi Kalsel,” kata Teo di hadapan Walikota Banjarmasin.

Teo mengatakan untuk menunjang itu Kanwil Kemenkumham Kalsel memiliki asset di daerah Pal 5 Banjarmasin dan Rumah Dinas samping kediaman Kapolda yang dapat digunakan untuk Pelayanan Keimigrasian.

Sebelumnya, kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Banjarmasin dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel dan saat ini sudah kadaluarsa, di mana salah satu tujuan kesepakatan bersama adalah peningkatan pelayanan keimigrasian dan sebaiknya untuk dirancang kembali kesepakatan bersama atau MoU sekaligus dilakukan perluasan substantif.

Menanggapi hal ini, Ibnu Sina mengatakan pada 2022 pembangunan Mal Pelayanan Publik bisa dilakukan di Banjarmasin.

Ada dua pilihan yang dapat dijadikan lokasi layanan Keimigrasian, yakni Mitra Plaza dengan Skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dan Mess Imigrasi Pal 5,5.

“Untuk segera dimulai, dapat dilakukan di lokasi Mess Imigrasi Pal 5,5 karena masih representative dan sebelumnya saya juga pernah melakukan kunjungan ke lokasi tersebut, hanya perlu diperhitungkan lokasi parkirnya,” ujar Ibnu.

Turut serta hadir dalam audiensi ini Kepala Kanim Banjarmasin, Sahat Pasaribu dan Kepala Subbagian Tata Usaha, Muhammad Harris. Sedangkan anggota tim dari Kanwil Kalsel yang hadir di antaranya JFT Analis Keimigrasian Ahli Muda, Reni Kusreni, JFT Perancang Peraturan Perundangan-undangan Pertama, Ryna Frensiska dan JFU Divisi Keimigrasian, Badar Sucahyo.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Harjad Ke-495 Banjarmasin

Pemkot Banjarmasin

Harjad Ke-495 Banjarmasin, Wali Kota Uraikan 3 Prioritas Pembangunan

Pemkot Banjarmasin

Siap-Siap! Pra-Lansia di Banjarmasin Jadi Sasaran Vaksinasi
Jembatan HKSN

Pemkot Banjarmasin

Atasi Kemacetan, Pembangunan Jembatan HKSN Banjarmasin 1 Dilanjutkan

Pemkot Banjarmasin

Syukuran Harjad ke 495 Kota Banjarmasin, Pemkot Gelar Salat Hajat

Pemkot Banjarmasin

Hari Jadi ke 495, Pemkot Banjarmasin Gelar Aksi Peduli Sungai
Atlet SOIna

Pemkot Banjarmasin

Atlet SOIna Kota Banjarmasin Terima Penghargaan Wali Kota Ibnu Sina
Vaksinasi

Pemkot Banjarmasin

Permudah Akses Lansia, Kelurahan Sungai Lulut Gelar Vaksinasi Covid-19
PT PLN

Pemkot Banjarmasin

PT PLN Kenalkan Mobil Listrik, Ibnu Sina: Recommended
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com