[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Keren! Jepang Buat Masker Pendeteksi Covid-19, Bercahaya Jika Virus Menempel

Peneliti Jepang mengembangkan teknologi terbaru dalam masker. Mereka membuat masker yang bisa bercahaya di bawah sinar ultraviolet
- Apahabar.com     Senin, 13 Desember 2021 - 09:22 WITA

Keren! Jepang Buat Masker Pendeteksi Covid-19, Bercahaya Jika Virus Menempel

Ilustrasi. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Peneliti Jepang mengembangkan teknologi terbaru dalam masker. Mereka membuat masker yang bisa bercahaya di bawah sinar ultraviolet saat terpapar Covid-19.

Penemuan oleh Yasuhiro Tsukamoto dan timnya di Universitas Prefektur Kyoto di Jepang barat ini disebut bisa menjadi cara pengujian virus berbiaya rendah di rumah.

Peneliti menggunakan antibodi burung unta untuk membuatnya bercahaya. Mereka memulai dengan membuat filter masker yang dilapisi dengan antibodi burung unta yang menargetkan virus corona. Hal ini berdasarkan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa burung unta punya ketahanan tinggi terhadap penyakit.

Dilansir CNN Indonesia yang mengutip Reuters, Senin (13/12), dalam sebuah penelitian kecil, subjek uji mengenakan masker, dan setelah delapan jam, filter dilepas dan disemprot dengan bahan kimia yang bersinar di bawah sinar ultraviolet jika ada virus.Filter yang dikenakan oleh orang yang terinfeksi COVID-19 bersinar di sekitar area hidung dan mulut.

Tim berharap dapat mengembangkan masker lebih lanjut sehingga akan bersinar secara otomatis, tanpa pencahayaan khusus, jika terdeteksi virus. Tsukamoto sendiri mengklaim bahwa dia sudah membuktikan sendiri manfaat masker tersebut ketika dia terpapar covid-19 dan masker tersebut memang bersinar di bawah sinar ultraviolet.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Gaya

Google Meet Akan Tersedia di Gmail
anggun

Gaya

Ikut Jadi Pengisi Suara Animasi “Raya and the Last Dragon”, Anggun Merasa Terhormat
apahabar.com

Gaya

Realme C15, Spesifikasi Berat Tapi Harga Hemat

Gaya

Wajib Nonton, Ini 7 Film tentang Makhluk Laut dari Lucu hingga Mengerikan
apahabar.com

Gaya

Ramadan, Mercure Hotel Banjarmasin Suguhkan Patin Bakar Sambal Tempoyak

Gaya

Google Meet Perbarui Fitur Hand Raise
Komunikasi

Gaya

Permudah Komunikasi, Telegram Tambah Fitur Obrolan Suara Grup
apahabar.com

Gaya

Tips Dokter Jika Bepergian Naik Pesawat Saat ‘New Normal’
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com