Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Kodim 1008/Tabalong Launching Ketahanan Pangan Mulawarman Tangguh

Kodim 1008/Tabalong melaunching program Ketahanan Pangan Mulawarman Tangguh, Jumat (17/12).
- Apahabar.com     Jumat, 17 Desember 2021 - 12:12 WITA

Kodim 1008/Tabalong Launching Ketahanan Pangan Mulawarman Tangguh

Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Ras Lambang Yudha bersama Kadis Perikanan dan Plt Kadis Pertanian Tabalong melakukan penanaman bibit padi. Foto - apahabar.com/M.Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – Kodim 1008/Tabalong melaunching program Ketahanan Pangan Mulawarman Tangguh, Jumat (17/12).

Launching ditandai dengan penanaman padi, jagung dan bibit melon di lahan seluas sekitar 4 hektare di Kuranji Kelurahan Sulingan, Kecamatan Murung Pudak,Tabalong.

Launching dipimpin langsung Dandim 1008/Tabalong Letkol Inf Ras Lambang Yudha, Kepala Dinas Peternakan HM Mugeni, Plt Kadis Pertanian Sam’ani, dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXI Dim 1008, Linda Ras Lambang.

“Selain tanaman padi, jagung, ketela dan hortikultura, di lahan ini juga dibuat peternakan ayam potong dan kolam ikan,” kata Dandim 1008/Tabalong, Letkol Inf Ras Lambang Yudha.

Kegiatan ini merupakan salah satu program Kodam VI/Mulawarman untuk meningkatkan ketahanan pangan di seluruh Korem dan Kodim.

“Kegiatan ini serentak dilaksanakan sebagai tindak lanjut komando atas,” ucapnya.

Kodim wilayah menyesuaikan dengan apa yang bisa ditanam di wilayahnya masing-masing, ada pertanian, peternakan dan lainnya.

“Kita ada 3 program titik berat, melaksanakan sistem terintegrasi peternakan, hortikultura dan pertanian,” beber Ras Lambang.

Selain itu, Kodim 1008/Tabalong juga melaksanakan pengembangan pola sistem usaha tani perkebunan rakyat diversifikasi integratif (Suparadin).

“Diketahui 65 persen penduduk Tabalong petani karet, jadi pola Supradin ini bisa dilaksanakan di sela-sela tanaman karet terutama yang tidak produktif lagi,” jelasnya.

Dengan pola Supradin, masyarakat bisa menanam sayuran atau hortikultura. Ini juga sebagai antisipasi harga karet turun. Saat harga turun petani masih ada penghasilan tambahan dengan menerapkan pola tersebut.

“Pola Supradin ini rencananya serentak dilaksanakan pada bulan Maret tahun depan di lahan seluas 185 hektare,” ungkap Ras Lambang.

Tanaman program demplot di lahan seluas 4 hektare ini menjadi percontohan. Nantinya bisa dilaksanakan di setiap wilayah Koramil.

“Mereka bisa meniru dan belajar di sini dan diterapkan di wilayah koramil masing-masing. Yang jelas semua kegiatan tersebut untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pertanian (Distan) Tabalong, Syam’ani memberikan apresiasi kepada Dandim 1008/Tabalong dan jajarannya atas launching program ketahanan pangan ini.

“Apa yang kami rencanakan ternyata sudah lebih dulu dilakukan jajaran Kodim,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Tabalong,HM Mugeni akan mendukung apa yang dilakukan jajaran Kodim/1008 Tabalong ini.

“Kami akan bantu bibit untuk dua buah kolam ikan di lokasi ini, bibitnya ikan nila,” pungkas HM Mugeni.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Sungai Tabalong Meluap, Puluhan Rumah di Bangkiling Raya Terendam
apahabar.com

Tabalong

PDAM Tabalong Berlakukan Tarif Baru, Golongan Pelanggan A1 dan A2 Dapat Subsidi
apahabar.com

Tabalong

Belum Ada Intruksi, Larangan Pedagang Luar Berjualan di Tabalong Masih Berlaku
Prokes

Tabalong

Operasi Yustisi di Banua Lawas Tabalong, Serka Emanuel Lie: Patuhi Prokes!
Camat Haruai, Handi Yanuardi, didampingi unsur Muspika, Kades Suput, menyerahkan bibit durian musang king kepada warga saat mencanangkan Desa Suput sebagai kampung durian. Foto-Istimewa.

Tabalong

Upayakan Peningkatan Ekonomi Desa, BUMDes Suput Kembangkan Kebun Durian
Pria Tewas Tergantung

Tabalong

Polisi Ungkap Kronologis Penemuan Pria Tewas Tergantung di Kapar Tabalong
Pertamina

Tabalong

Serahkan Diri, Buron di Kapar Tabalong Terancam Lama di Bui
Tabalong

Kalsel

Jenazah Alda Norlita Ditemukan, Operasi SAR di Tabalong Ditutup
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com