Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Mengejutkan, Kesaksian Warga Saat Penangkapan Dua Terduga Teroris di Kotim Kalteng

Warga mengaku terkejut, saat penangkapan dua terduga teroris oleh tim Densus 88 Antiteror di Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (22/12).
- Apahabar.com     Kamis, 23 Desember 2021 - 14:15 WITA

Mengejutkan, Kesaksian Warga Saat Penangkapan Dua Terduga Teroris di Kotim Kalteng

Satu rumah makan di Jalan Pemuda Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotim, Kalteng yang digeledah polisi terkait penangkapan tiga terduga teroris, Rabu (22/12/2021). Foto-Antara

apahabar.com, SAMPIT – Warga mengaku terkejut, saat penangkapan dua terduga teroris oleh tim Densus 88 Antiteror di Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), Rabu (22/12).

Penangkapan dua terduga teroris barfiliasi ISIS itu dilakukan di sebuah rumah makan, Jalan Pemuda, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotim, Kalteng.

“Saya terkejut diberitahukan ada penggeledahan. Tidak diberitahukan kasus apa. Setelah di sana, baru tahu. Saya tidak kenal orang dalam foto yang ditunjukkan polisi,” kata Ketua RW 16, Rusandi seperti dilansir Antara, Kamis (23/12).

Diketahui, lokasi penggeledahan Rabu (22/12) sekitar pukul 11.30 WIB itu merupakan sebuah rumah makan sekaligus menjadi tempat tinggal. Rumah makan itu sudah beroperasi sekitar setahun namun tutup sejak dua hari terakhir.

Di tempat inilah dua terduga teroris tersebut menetap selama ini. Mereka bekerja di rumah makan sop yang selama ini cukup ramai pembeli tersebut.

Saat penggeledahan itu, jalan di sekitar tempat kejadian sempat macet. Warga sekitar tidak berani mendekat karena melihat banyak polisi yang turun dari sejumlah mobil.

Rusandi mengaku dijemput polisi untuk menyaksikan penggeledahan di lokasi itu karena Ketua RT setempat sedang tidak ada. Dia mengaku menyaksikan polisi menggeledah dan mengamankan sejumlah barang.

Pensiunan guru ini mengaku melihat sejumlah barang seperti senjata api sebanyak dua buah jenis laras panjang dan satu buah laras pendek, satu senjata tajam, lima buah buku, dua rompi dan lainnya.

“Tadi rombongan datang menggunakan tiga mobil dengan personel lebih dari 10 orang. Saya ada ditunjukkan foto orang yang diduga diamankan itu, tapi saya tidak kenal,” ujar Rusandi.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Kismanto Eko Saputro membenarkan Densus 88 Antiteror menangkap tiga orang terduga teroris. Satu orang ditangkap di Palangka Raya dan dua orang ditangkap di Sampit.

Ketiga terduga teroris tersebut berinisial MS alias L, ARE alias AZ alias AQ dan RT alias F alias ZAY. Mereka diduga teroris dari jaringan kelompok Anshorud Daulah yang berafiliasi ke Islamic State (ISIS) dan berbaiat kepada Abu Bakar Al Baghdadi dan penggantinya. Mereka diduga akan melakukan aksi teror di Kalimantan Tengah pada akhir tahun 2021.

Para terduga dibawa ke Palangka Raya untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Sementara itu tim juga terus mendalami kasus ini karena para terduga pelaku dikabarkan merekrut sejumlah orang sebagai simpatisan untuk mendukung rencana aksi mereka.

“Kasus ini terus didalami. Mereka akan diperiksa secara intensif,” demikian Eko.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalteng

Kunjungi 2 Posko PPKM Mikro, Simak Pesan Dandim 1016/Palangka Raya
apahabar.com

Kalteng

RSDS Palangka Raya Sukses Ujicoba Pengambilan Plasma Konvalesen Penyintas Covid-19
Penyekatan

Kalteng

Perkuat Penyekatan di Perbatasan Kapuas, Polisi Turunkan Anjing Pelacak
apahabar.com

Kalteng

DPR RI Dorong Kalteng Jadi Motor Pengembangan Obat Tradisional
Guru Kontrak

Kalteng

Ribuan Guru Kontrak di Kapuas Ikuti Uji Kompetensi dan Survei Kinerja
Kebakaran di Gang Roing Kilometer 2, Jalan Katamso, Kelurahan Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Foto-Istimewa.

Kalteng

Kebakaran di Jalan Katamso Teweh Tengah, Tiga Buah Rumah Dilahap Api
apahabar.com

Kalteng

Ladang Berpindah-pindah di Kalteng Akibat Kemiskinan
Pramuka

Kalteng

Pascabanjir HST, Kwarcab Pramuka Barut Saluran Bantuan ke Barabai
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com