[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Natal 2021, Kemenkumham Kalsel Beri Remisi 58 Warga Binaan

Momen Natal 2021, Kantor Perwakilan Wilayah Kementerian Hukum Ham Kalsel memberi remisi khusus untuk 58 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).
- Apahabar.com     Senin, 27 Desember 2021 - 12:03 WITA

Natal 2021, Kemenkumham Kalsel Beri Remisi 58 Warga Binaan

Momen Natal tahun ini, Kemenkumham Kalsel memberikan beragam remisi untuk warga binaan. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Momen Natal 2021, Kantor Perwakilan Wilayah Kementerian Hukum Ham Kalsel memberi remisi khusus untuk 58 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham, Sri Yuwono Napi yang menerima remisi bervariasi, mulai dari 15 hari, 1 bulan, 1 bulan 15 hari, hingga 2 bulan.

“Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor SK Tahun 2021 ada dua jenis remisi yang diberikan yaitu Remisi Khusus I (RK I) dan Remisi Khusus II (RK II),” kata Sri Yuwono, Senin (27/12).

RK I merupakan remisi yang diberikan kepada WBP dengan besaran remisi pengurangan masa tahanan. Sedangkan RK II merupakan pemberian remisi yang masa pidananya apabila dikurangkan perolehan remisinya akan langsung bebas.

Pada momentum Natal 2021, pihaknya hanya memberikan RK I kepada para WBP yang memenuhi kriteria dan persyaratan yang sudah ditentukan.

Adapun rincian UPT Pemasyarakatan di Kalimantan Selatan yang memberikan remisi khusus Natal yaitu Lapas Kelas IIA Banjarmasin sebanyak 12 orang, Lapas Narkotika Kelas IIA Karang Intan 4 orang, Lapas Kelas IIA Perempuan Martapura 4 orang.

Di Lapas Kelas IIA Kotabaru 11 orang, Lapas Kelas IIB Banjarbaru 10 orang, Lapas Kelas IIB Amuntai 1 orang, Lapas Kelas IIB Tanjung 2 orang, Rutan Kelas IIB Pelaihari 4 orang.

Untuk Rutan Kelas IIB Rantau 2 orang, Rutan Kelas IIB Kandangan 1 orang, Rutan Kelas IIB Barabai 1 orang, Rutan Kelas IIB Tanjung 5 orang, dan Rutan Kelas IIB Marabahan 1 orang.

Ada 2 orang Warga Negara Asing (WNA) berkebangsaan Malaysia yang berada di Lapas Kelas IIA Banjarmasin mendapatkan remisi khusus Natal pada tahun ini.

Seremonial pemberian remisi khusus Natal diselenggarakan di Lapas Kelas IIA Banjarmasin yang dihadiri langsung oleh Sri Yuwono selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan.

“Pemberian remisi khusus hari besar keagamaan, dalam hal ini adalah remisi khsusu Natal merupakan bentuk nyata dari pemajuan dan perlindungan Hak Asasi Manusia sebagai salah satu sarana hukum yang penting dalam rangka mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan yang baik, dengan memberikan remisi yang sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ucap Sri Yuwono selaku Kadivpas yang juga menjadi PLH Kepala Kantor Wilayah.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Ratusan Mahasiswa Wisuda Via Daring, Camkan Pesan Rektor UIN Antasari Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

24 Ribu Anak Tidak Sekolah di Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Tambah 35, Total Positif Covid-19 di Tabalong 187 Orang
PT, Pencuri logam tembaga di Banjarbaru dan barang bukti. Foto: Istimewa

Banjarbaru

Hendak Jual Tembaga Curian, Pencuri di Trikora Banjarbaru Diciduk Polisi
Banjir

Kalsel

Peduli Banjir Kalsel, Yayasan H Maming Kirim Bantuan ke Tanah Laut
HSU

Kalsel

Operasi Senyap KPK di Amuntai HSU, Polda Belum Pastikan
apahabar.com

Kalsel

Giliran Unsur Pimpinan DPRD Tala Dilantik
Cuaca

Kalsel

Waspada! Hujan Disertai Petir Siang Ini
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com