Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Natal dan Tahun Baru, Tempat Wisata di Tanah Laut Sementara Ditutup

Pemerintah Kabupaten Tanah Laut menutup sementara seluruh tempat wisata dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) saat libur Natal dan Tahun Baru. Tak hanya itu pelaksanaan acara tahun baruan juga dilarang.
- Apahabar.com     Selasa, 21 Desember 2021 - 19:04 WITA

Natal dan Tahun Baru, Tempat Wisata di Tanah Laut Sementara Ditutup

Ilustrasi tempat Wisata di Tanah Laut ditutup sementara. Foto candra/apahabar.com

apahabar.com, PELAIHARI – Pemerintah Kabupaten Tanah Laut menutup sementara seluruh tempat wisata dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) saat libur Natal dan Tahun Baru. Tak hanya itu pelaksanaan acara tahun baruan juga dilarang.

Hal ini tertuang dalam surat instruksi Bupati Tanah Laut Nomor 16 tahun 2021 sebagai tindak lanjut surat Menteri Dalam Negeri Nomor 66 tahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada Natal dan Tahun Baru.

Instruksi Bupati Tanah Laut ditujukan Kepada Pengelola tempat wisata, Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan seluruh warga di Kabupaten Tanah Laut.

Ada enam poin dalam surat tersebut. Pertama, untuk tempat wisata pantai dan wisata gunung serta RTH tidak diperkenankan mengadakan aktivitas pada hari libur tahun baru 2022. RTH di Tanah Laut semua ditutup.

Kedua, tidak diperkenankan mengadakan acara pisah sambut tahun baru 2021 dan tahun 2022. Perayaan tahun baru dapat dilaksanakan masing-masing keluarga demi menghindari kerumunan dan perjalanan. Melarang adanya pawai dan arak-arakan tahun baru serta larangan old and new year, baik terbuka maupun tertutup yang berpotensi kerumunan.

Ketiga, seluruh jajaran pemerintah daerah termasuk Satpol-PP dan Pemadam Kebakaran dan BPBD untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan terlibat aktif dalam mencegah aktivitas publik yang dapat mengganggu ketertiban dan ketentraman masyarakat dan mencegah mengatasi kerumunan massa di fasilitas umum, fasilitas hiburan tempat wisata selama libur tahun baru 2022.

Keempat, pengelola wisata dan RTH yang tidak melaksanakan instruksi Bupati ini, dikenakan sanksi administrasi sampai penutupan usaha sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang.

Kelima, hal-hal yang belum diatur dalam intrusi Bupati ini, terkait dengan penutupan objek wisata, RTH dan larangan acara tahun baru 2022, di masa pandemi Covid-19 akan diatur kemudian.

Keenam, Instruksi Bupati ini mulai berlaku sejak 30 Desember 2021 sampai 3 Januari 2022.

Bupati Tanah Laut HM Sukamta saat dikonfirmasi mengatakan penutupan objek wisata sejak libur Natal pada tanggal 25 dan 26 Desember 2021, kemudian libur tahun baru sejak 30 Desember 2021 hingga 3 Januari 2022.

“Tidak ada kegiatan malam tahun 2021 dan tahun baru 2022 bersifat meriah mengadakan pesta kembang api, adapun kegiatan sifat lokal seperti pelaksanaan tabligh itu silahkan saja,” katanya.

Sukamta tegaskan, tempat wisata tutup sementara, karena biasanya dipenuhi orang luar Tanah Laut. Penutupan wisata menjadi dasar alasan Pandemi Covid-19 yang belum berakhir, apalagi baru-baru ini ada varian baru Covid-19 Omicron yang lebih cepat penularannya.

“Varian Omicron sudah ada di Indonesia kita mengamankan diri kita, karena tempat wisata akan sulit dikendalikan,” tutup Sukamta.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Tanah Laut

Dispusip Tala Berbagi Kesempatan Kursus Tiga Bahasa Gratis

Tanah Laut

Dua Minggu Buron, Dua Saudara Pembunuh Pria Kotabaru di Jorong Tala Ditangkap
Tempat Wisata di Tanah Laut

Tanah Laut

Resepsi Pernikahan dan Tempat Wisata di Tanah Laut Kini Dibuka
Mafia Tanah

Tanah Laut

Awal 2022, Kejari Tala Bentuk Tim Khusus Berantas Mafia Tanah dan Pelabuhan
Mensos Risma

Kalsel

Tampung Korban Banjir Tala, Mensos Risma Akan Bangun Shelter di Asam-Asam

Kalsel

Supervisi Bidang Pembinaan Satwil, Wakapolda Kalsel Kunjungi Polres Tala
Bupati Sukamta

Kalsel

Kawasan Industri Jorong, Bupati Sukamta: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Tala
Waduk Desa Banua

Tanah Laut

Waduk Desa Banua Tengah Jebol, Sawah-Kebun di Tala Terendam
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com