Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Pemkab Tanbu Buka Layanan Pengaduan Masyarakat SP4N – LAPOR!

- Apahabar.com     Kamis, 2 Desember 2021 - 18:06 WITA

Pemkab Tanbu Buka Layanan Pengaduan Masyarakat SP4N – LAPOR!

Layanan pengaduan masyarakat SP4N-LAPOR!. Foto-Istimewa

apahabar.com, BATULICIN – Pemkab Tanah Bumbu membuka layanan pengaduan masyarakat secara online guna meningkatkan pelayanan kepada publik.

Layanan pengaduan tersebut dikelola langsung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Bumbu melalui Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik.

Adapun layanan pengaduan masyarakat yang dimaksud yakni Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

SP4N – LAPOR! adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat yang terintegrasi secara nasional dengan laman akses website www.lapor.go.id.

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

SP4N – LAPOR! dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menanganinya.

Adapun tujuan SP4N adalah agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas, dan terkoordinasi dengan baik.

Penyelenggara memberikan akses untuk partisipasi masyarakat dalam menyampaikan pengaduan, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Kepala Dinas Kominfo Tanah Bumbu, Ardiansyah, menerangkan SP4N – LAPOR! adalah layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708, twitter @lapor1708, aplikasi Android, dan aplikasi iOS.

Masyarakat umum, kata Ardiansyah, dapat mengirimkan laporan pada LAPOR! melalui berbagai media termasuk situs https://www.lapor.go.id/, SMS 1708 dan juga aplikasi mobile.

“Laporan kemudian diverifikasi terlebih dahulu oleh administrator LAPOR! untuk kejelasan dan kelengkapan, dan selanjutnya diteruskan ke intansi K/L/D terkait paling lambat 3 hari kerja setelah pelaporan dilakukan,” kata Ardiansyah.

Selanjutnya, LAPOR! akan mempublikasikan setiap laporan yang sudah diteruskan sekaligus memberikan notifikasi kepada pelapor.

Instansi K/L/D diberikan waktu paling lambat 5 hari kerja untuk melakukan koordinasi internal dan perumusan tindak lanjut dari pelaporan yang diberikan oleh masyarakat umum.

Apabila sudah ada rumusan tindak lanjut, maka instansi K/L/D memberikan informasi kepada pelapor pada halaman tindak lanjut laporan.

“Laporan masyarakat dianggap selesai apabila sudah terdapat tindak lanjut dari instansi K/L/D pada laporan, dan telah berjalan 10 hari kerja setelah tindak lanjut dilakukan tanpa adanya balasan dari pelapor maupun administrator LAPOR! di halaman tindak lanjut,” tukasnya.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Mencari Solusi Pelayanan Kesehatan MBR di Tanah Bumbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Cegah DBD, KKP Gelar Sosialisasi Pengendalian Vektor
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

RSUD Tanbu Segera Miliki Ruang Rawat Inap Senilai Rp13 Miliar
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Jalan Nasional di Angsana Dalam Tahap Perkerasan, Maulida Bersyukur

Pemkab Tanah Bumbu

Wabup Tanbu: Sipades Tunjang Kelancaran Pemerintahan Desa
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Kusan Hilir Tertinggi Kasus Covid-19 di Tanbu
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Ribuan Jemaah Hadiri Haul Ibunda H Isam
apahabar.com

Pemkab Tanah Bumbu

Peduli Warga Terdampak Covid-19, Dapur Umum Didirikan di Tanah Bumbu
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com