Bocah Lumpuh Tak Punya Biaya Berobat di Kotabaru Turut Curi Perhatian Kemensos Turun Tangan Catat, Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional 2022 Capai Rp451 Triliun DITAHAN! Sopir Penyeruduk Tembok Pasar Antasari yang Tewaskan Bumil Xi Jinping Serukan ‘Perang’ Pemonopoli Ekonomi Digital Joget TikTok Bareng Cewek, Pratama Arhan Disentil Warganet

PKB Putuskan Mitra Koalisi Pilpres 2024 Setelah Lakukan Penjajakan

Partai Kebangkitan Bangsa akan memutuskan mitra koalisi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 setelah menjalin penjajakan selama 2022 mendatang.
- Apahabar.com     Rabu, 22 Desember 2021 - 00:00 WITA

PKB Putuskan Mitra Koalisi Pilpres 2024 Setelah Lakukan Penjajakan

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa akan memutuskan mitra koalisi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 setelah menjalin penjajakan selama 2022 mendatang.

“Koalisi ini prosesnya masih panjang, penjajakan dan kebersamaan sekitar setahun, baru ada keputusan PKB bersama siapa,” kata Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar seperti dilansir Antara, Selasa (21/12) malam.

Muhaimin mengatakan hal itu terkait dengan kemungkinan membangun poros baru pada Pilpres 2024.

Ia menjelaskan bahwa PKB masih menjajaki dan membuka komunikasi dengan semua partai politik terkait dengan kemungkinan membangun koalisi.

Menurut dia, tidak mungkin PKB hanya sendiri menghadapi Pilpres 2024 sehingga butuh koalisi dengan partai lain.

“Untuk poros baru, belum ada. Kami masih menjajaki semua partai karena tidak mungkin PKB berdiri sendiri sehingga butuh koalisi,” ujarnya.

Bangun Poros Baru

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan bahwa partainya siap untuk membentuk dan memimpin poros koalisi sendiri pada Pilpres 2024.

Meskipun hingga saat ini koalisi parpol yang ada sangat solid dalam satu barisan, menurut dia, bukan tidak mungkin pada tahun 2023 akan ada banyak akrobat politik.

”Kalau terkait dengan poros, PKB mau memimpin poros sendiri, tidak tahu dengan cara apa. Saya sebagai Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu berkeinginan untuk PKB memimpin poros. Semestinya PPP juga ikut karena sama-sama hijau, tinggal nambah satu lagi, misalnya PAN itu sudah cukup,” katanya.

Hal itu dikatakan Jazilil saat menjadi pembicara pada diskusi 4 Pilar MPR RI dengan tema Refleksi Politik Kebangsaan Tahun 2021 di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (15/12).

Apabila PKB bisa membentuk dan memimpin poros koalisi sendiri, lanjut doa, hal yang ditekankan adalah bagaimana mengedepankan kepentingan bersama, bukan justru melahirkan politik identitas.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Politik

Ratusan Surat Suara Pilwali Banjarmasin Dicetak, KPU Tunggu Pendistribusian

Politik

VIDEO: Pilwali Banjarmasin, Habib Banua Optimis Diusung Demokrat

Politik

Paman Birin Borong Roti Shaza Bakery di Sekumpul
apahabar.com

Politik

“Nobar” di Posko Prabowo-Sandi di Bali Berlangsung “Merakyat” 
apahabar.com

Politik

Sandiaga Akan Sampaikan Keluhan di Debat Malam Ini
apahabar.com

Politik

Calon di Pilkada Kalsel, PKB Tunggu Survei Langit dan Bumi
apahabar.com

Politik

Masa Tenang Kampanye, Kader Nasdem Kalsel Copot Ratusan APK
apahabar.com

Politik

Bawaslu Kembali Ingatkan Sanksi Pelanggaran Kampanye
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com