[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Polda Kalsel Klaim Angka Kriminalitas Turun Sepanjang Tahun 2021

Sepanjang 2021, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menangani sebanyak 4.780 kasus. Baik tindak pidana umum, pidana khusus maupun narkoba.
- Apahabar.com     Selasa, 21 Desember 2021 - 22:49 WITA

Polda Kalsel Klaim Angka Kriminalitas Turun Sepanjang Tahun 2021

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto saat rilis akhir tahun di Banjarbaru, Selasa (21/12). Foto-Antara

apahabar.com, BANJARBARU – Sepanjang 2021, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menangani sebanyak 4.780 kasus. Baik tindak pidana umum, pidana khusus maupun narkoba.

Angka kriminalitas atau kejatan itu diklaim turun jika dibanding tahun lalu. “Ada penurunan 1.090 kasus atau 18,56 persen dari tahun lalu 5.870 kasus,” kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto saat rilis akhir tahun di Banjarbaru seperti dilansir, Selasa (21/12) malam.

Untuk kejahatan konvensional berupa pencurian kendaraan bermotor (curanmor) alami penurunan. Dari 279 kasus menjadi 209 kasus atau 25,08 persen.

Demikian pula kejahatan pencurian dengan pemberatan (curat) turun dibanding tahun lalu. Dari 520 menjadi 335 kasus atau 35,57 persen.

Kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas) menurun dari 103 menjadi 78 atau 24,27 persen serta kejahatan penyalahgunaan senjata tajam juga turun dari 327 menjadi 217 atau 33,63 persen.

Pun dengan tindak pidana transnasional yang didominasi kejahatan narkoba juga menurun. Dari 1.630 kasus di tahun 2020 menjadi 1.456 kasus atau berkurang 10,67 persen tahun ini.

“Lebih dari 70 persen kasus-kasus yang ada sudah diselesaikan penanganannya. Ini bukti anggota serius menangani hingga tuntas,” jelasnya.

Terkait penurunan kasus tindak pidana, diyakini Rikwanto berkat gencarnya upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang dilakukan mulai pencegahan hingga kerja sama dengan masyarakat untuk meminimalkan faktor-faktor kejahatan.

“Kami terus berupaya melakukan yang terbaik menjaga kamtibmas. Kejahatan yang terjadi harus segera terungkap,” seru dia didampingi Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

banjir

Kalsel

Batal ke HST, Jokowi Titipkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor
apahabar.com

Kalsel

DBD di Tapin Meningkat, Tahun 2018 Sudah 50 Kasus

Kalsel

Lolos dari Sergapan, Pemasok Sabu ke Warga Simpung Layung Jadi DPO Polres Tabalong

Banjarmasin

Pelambuan Membara, Belasan Rumah Terbakar Dini Hari
apahabar.com

Kalsel

Panen Padi Program SERASI Sukses di Kalsel
apahabar.com

Kalsel

Banjarmasin Tak New Normal, Ibnu Sina: Masih Persiapan
apahabar.com

Kalsel

Dua Konfederasi Buruh Deklarasikan Diri Menangkan Sahbirin-Muhidin di Pilkada Kalsel
maling

Kalsel

Diuber Warga, Pria Diduga Maling Nyemplung dari Jembatan S Parman Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com