Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Prediksi Bos Pfizer Kapan Pandemi Covid Berakhir Jadi Endemik

Eksekutif Pfizer mengatakan Covid-19 bisa menjadi endemik pada tahun 2024. Endemik berarti penyakit ini menular pada wilayah tertentu saja atau pada musim tertentu seperti flu musiman.
- Apahabar.com     Sabtu, 18 Desember 2021 - 21:06 WITA

Prediksi Bos Pfizer Kapan Pandemi Covid Berakhir Jadi Endemik

Warga hidup normal di tengah pandemi. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Eksekutif Pfizer mengatakan Covid-19 bisa menjadi endemik pada tahun 2024. Endemik berarti penyakit ini menular pada wilayah tertentu saja atau pada musim tertentu seperti flu musiman.

Pandemi merupakan penyebaran virus secara luas di seluruh dunia. Ketika pandemi berakhir maka tahap selanjutnya adalah endemik. Pandemi berakhir bukan berarti virus hilang dari Bumi.

“Kami percaya Covid-19 akan bertransisi ke keadaan endemik, berpotensi pada tahun 2024,” kata Nanette Cocero, Presiden Global Pfizer Vaccines, dikutip dari CNBC.com, Sabtu (18/12/2021).

Covid-19 akan mencapai tingkat endemik ketika populasi memiliki kekebalan yang cukup dari vaksin. Saat ini penularan virus, rawat inap, dan kematian tetap terkendali.

“Kapan dan bagaimana tepatnya ini terjadi akan tergantung pada evolusi penyakit, seberapa efektif vaksin dan perawatan, serta distribusi vaksin yang adil ke tempat-tempat di mana tingkat vaksinasi rendah,” kata kepala petugas ilmiah Pfizer, Mikael Dolsten.

Bukan cuma itu, munculnya varian baru juga dapat berdampak pada bagaimana pandemi terus berlanjut. Pasalnya menurut Dolsten, waktu transisi Covid-19 ke negara endemik dapat bervariasi dari satu tempat ke tempat lain.

“Sepertinya dalam satu atau dua tahun ke depan, beberapa daerah akan beralih ke model endemik sementara daerah lain akan terus dalam mode pandemi,” kata Dolsten.

Komentar dari eksekutif Pfizer datang ketika AS memerangi lonjakan kasus Covid-29 yang didominasi varian Delta, sementara strain omicron menyebar dengan cepat. Rata-rata tujuh hari penerimaan rumah sakit baru untuk Covid melonjak 4% dari minggu sebelumnya.

Angela Hwang, Presiden Grup Pfizer Biopharmaceuticals, mengatakan menimbun vaksin dan perawatan Covid seperti pil antivirus oral Pfizer bisa menjadi lebih umum karena penyakit ini menjadi endemik. Selain itu, Pfizer mengharapkan negara-negara akan memprioritaskan booster vaksin.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Internasional

Tragis! Diperkosa 5 Pria, Wanita Ini Malah Diperkosa Lagi oleh Polisi

Internasional

Jepang Gandakan Bantuan Vaksin Covid-19 ke Negara Lain
apahabar.com

Internasional

Akan Bertemu Lagi, Ini Kata Trump Tentang Kim Jong Un
Kereta Barang Ekspor

Internasional

Kereta Barang Ekspor Turki-China Berangkat Perdana,Lewati Dua Benua dan Dua Laut

Internasional

Jepang Diguncang Gempa M 7,2, Berpotensi Tsunami
apahabar.com

Internasional

KTT APEC Sepakati Visi Putrajaya 2040 dan Deklarasi Kuala Lumpur
apahabar.com

Internasional

Bom Bunuh Diri Guncang Pusat Pendidikan di Kabul Afghanistan, 24 Orang Tewas
Menlu Retno

Internasional

Bertemu di Qatar, Menlu Retno Minta Taliban Jalankan Pemerintahan Inklusif dan Hak Perempuan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com