Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan

Puji Jokowi, Cak Imin: Kurus Kalem, Tapi Jago Kelola Politik Nasional

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memuji kepiawaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam
- Apahabar.com     Senin, 6 Desember 2021 - 15:12 WITA

Puji Jokowi, Cak Imin: Kurus Kalem, Tapi Jago Kelola Politik Nasional

Jokowi dan Cak Imin. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar alias Cak Imin memuji kepiawaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengelola politik nasional dengan efektif.

Menurut Cak Imin, Jokowi memang terlihat kurus dan kalem. Namun, mantan Wali Kota Solo itu memiliki keleluasaan politik dan pengambilan keputusan yang efektif dan cepat, terutama dalam situasi darurat.

“Pak Jokowi ini kelihatan kurus, kalem, tapi jagoan dalam mengatasi politik nasional sehingga ini ada pengaruhnya terhadap wawasan kebangsaan kita,” ujar Cak Imin dalam sebuah dialog kebangsaan di NTT, dikutip dari CNNIndonesia, Minggu (5/12).

Dia menyebut Jokowi memiliki kelebihan dalam mengelola politik. Pasca reformasi, katanya, demokrasi Indonesia selalu didominasi kekuatan legislatif di parlemen. Namun, di bawah Jokowi, kondisinya relatif seimbang.

Menurut Cak Imin, kondisi ini cukup baik sebab kontrol legislatif dan implementasi kinerja oleh pemerintah menjadi cepat dan berimbang.

“Tidak kontrol saja yang kuat, tapi eksekusi dari tugas-tugas pemerintah menjadi terhambat. Disitulah, peta koalisi pemerintahan hari ini cukup solid, kuat, dan efektif,” kata dia.

“Saking efektifnya koalisi pemerintah saat ini, ibaratnya apapun program yang diinginkan Jokowi akan mendapatkan dukungan dari DPR,” tambah Cak Imin.

Wakil Ketua DPR itu mencontohkan, kebijakan pemerintah saat mengeluarkan Perppu tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan untuk Penanganan Pandemi Covid-19. DPR kala itu mendukung penuh kebijakan tersebut.

Begitu pula saat Jokowi mengusulkan pemindahan Ibu Kota Baru ke Kalimantan Timur. Menurut dia, tak semua Presiden berani mengusulkan itu sebab memiliki risiko berat. DPR, saat ini justru mulai membentuk Pansus Ibu Kota Baru.

“Hampir semua rezim pingin, tapi tidak bisa melaksanakan karena faktor-faktor dinamika politik. Kelihatannya Pak Jokowi bisa mengatasi keadaan ini,” kata dia.

Menurut Cak Imin, kondisi demikian merupakan contoh koalisi pemerintah saat ini berjalan efektif dan solid. Hal ini, kata dia penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Dua WNI Tewas Tertimpa Jembatan di Taiwan
Formula E

Nasional

Penyelidikan Formula E Disebut Simpang Siur, KPK: Beri Kesempatan untuk Fokus
apahabar.com

Nasional

Prajurit TNI Jadi Guru di Perbatasan

Nasional

Mengejutkan! Bayi Baru Lahir Ini Punya Antibodi Covid-19

Nasional

Jokowi Resmikan Tol Dalkot Jakarta Ruas Kelapa Gading-Pulo Gebang
Presiden Jokowi

Nasional

Presiden Jokowi Sebut Pengelolaan Hutan Padukan Aspek Ekonomi dan Sosial
apahabar.com

Nasional

Data Kematian Saat Pandemi Disorot, Rumah Sakit Diminta Jujur

Nasional

17 Duta Besar RI Baru Dilantik, Berikut Daftarnya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com