Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Puluhan Rumah Terbakar, Api Baru Bisa Dipadamkan 3 Jam Kemudian

Peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan pada Rabu (15/12) baru bisa dipadamkan sekitar tiga jam kemudian.
- Apahabar.com     Rabu, 15 Desember 2021 - 16:55 WITA

Puluhan Rumah Terbakar, Api Baru Bisa Dipadamkan 3 Jam Kemudian

Situasi kebakaran di Gunung Polisi, Balikpapan. Foto-apahabar.com/Riyadi.

apahabar.com, BALIKPAPAN – Peristiwa kebakaran yang terjadi di kawasan Gunung Polisi, Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan pada Rabu (15/12) baru bisa dipadamkan sekitar tiga jam kemudian. Api mulai berkobar pada pukul 12.30 wita dan dapat dikendalikan pada pukul 15.30 Wita.

Kobaran api yang besar serta lokasi pemukiman yang padat membuat api menghanguskan lebih dari 40 rumah warga. Petugas pun kewalahan dalam menjinakkan api lantaran lokasi kebakaran cukup sempit serta banyaknya warga yang menonton.

“Yang terbakar di RT 44, 45, 46, 47 Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Barat. Kalau secara pasti belum bisa karena masih dalam tahap pendinginan. Perkiraan sekitar 50-an tapi mudahan nggak sampai segitu,” ungkap Kepala BPBD Kota Balikpapan, Suseno di lokasi kejadian.

Kendala lain yang dihadapi ialah hampir rata-rata rumah warga terbuat dari bahan kayu atau papan yang cukup lama, sehingga membuat api mudah membesar.

“Kendalanya api cepat besar, karena bahan bangunannya rata-rata terbuat dari papan yang usianya juga lumayan. Lalu ditambah cuaca yang terik pas tengah hari dan angin cukul deras sehingga memperbesar api,” ujarnya.

Sebanyak 15 unit Pemadam Kebakaran milik BPBD Kota Balikpapan turun ke lokasi kejadian. Dibantu unit lain milik PDAM, Pertamina Hulu Mahakam, Pertamina RU V, Water Cannon milik Polda Kaltim, dan unit relawan.

“Sementara informasi tidak ada korban, dan mudahan tidak ada. Untuk penyebab kami masih belum tahu, yang jelas api terlihat dari pemukiman yang di bawah,” katanya.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial, LPM, dan unsur terkait untuk membentuk posko kebencanaan guna tempat penampungan warga.

“Kita harapkan setelah ini LPM, Dinas Sosial, Kelurahan untuk membentuk tempat penampungan sementara. Ini kita masih koordinasi Dinas Sosial terkait itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Camat Balikpapan Barat, M Arif Fadillah mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan Dinas Sosial, Lurah dan unsur terkait untuk mencari titik pembangunan posko.

“Kami cari dulu lokasi untuk membangun posko, itu untuk tempat penampungan warga sementara,” ucapnya.

Arif mengaku belum mengetahui pasti berapa jumlah korban jiwa yang terdampak. Saat ini timnya tengah melakukan pendataan di lokasi kejadian. “Belum, habis ini kita proses pendataan,” tutupnya.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kaltim

Ternak Sapi, Kaltim Gagas Seribu Kandang Penggembalaan Mini
apahabar.com

Kaltim

Ajak Semua Elemen Selesaikan Banjir Samarinda

Kaltim

Kurangi Trauma, Batman dan Iron Man Datangi TKP Kebakaran Gunung Bugis Balikpapan
apahabar.com

Kaltim

Bertambah 1, Postif Covid-19 di Kaltim Jadi 154 Kasus
Petugas melakukan olah TKP lakalantas antara motor dengan penyeberang jalan di Jalan Mulawarman, PJHI, Balikpapan Timur. Foto-Istimewa

Kaltim

Hilang Fokus, Pengendara Motor di Balikpapan Tabrak Petani Menyeberang Jalan

Kaltim

Duh, Seluruh Panitia PPDB di SDN 006 Balikpapan Selatan Terpapar Covid-19

Kaltim

Beli Batik Corak Kilang Pertamina, Sandiaga Uno: Saya Beli Khusus Buat Ahok
Thohari Azis

Kaltim

Hadiri Pelantikan Wali Kota Balikpapan, Risti Utami Bawa Foto Almarhum Thohari Azis
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com