[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Rekayasa Lalu Lintas di Banjarbaru, Lapangan Murjani Steril-Rute Hulu Sungai Dialihkan

Pemkot Banjarbaru meminta semua pedagang di Minggu Raya dan Lapangan Murjani untuk tak berjualan saat malam pergantian tahun.
- Apahabar.com     Jumat, 31 Desember 2021 - 14:43 WITA

Rekayasa Lalu Lintas di Banjarbaru, Lapangan Murjani Steril-Rute Hulu Sungai Dialihkan

Pemkot Banjarbaru meminta semua pedagang di Minggu Raya dan Lapangan Murjani untuk tak berjualan. Foto: banjarbarukota.go.id

apahabar.com, BANJARBARU – Polisi akan merekayasa lalu lintas saat perayaan tahun baru di Banjarbaru. Semua even dilarang demi mengantisipasi Covid-19.

Kepala Dinas Perdagangan Banjarbaru berdasar surat bernomor 511.2/714/DISDAK tertanggal 29 Desember 2021 meminta seluruh pedagang khususnya di Minggu Raya dan PKL FORKAMU tak berjualan.

“Menutup warung atau kios guna menghindari terjadinya kerumunan masa pada malam pergantian tahun,” demikian bunyi surat pemberitahuan itu.

Berdasar hasil rapat koordinasi forum lalu lintas Kota Banjarbaru, penutupan atau sterilisasi akses lalu lintas menuju Lapangan Murjani akan diberlakukan pada Jumat malam ini (31/12).

Kapolres AKBP Nur Khamid menjelaskan sejumlah rute pengalihan lalu lintas. Dari Hulu Sungai menuju Banjarbaru, Banjarmasin dan Tanah Laut, pengendara akan dialihkan melalui Jalan Cokrokusumo-Simpang Tiga Trikora-Bundaran Palm/Guntung Manggis/LIK.

Di seputar Bundaran Simpang Empat, arah dari Banjarbaru menuju Hulu Sungai, Sungai Ulin dan Tanah Laut normal seperti biasa. Demikian arah Tanah Laut menuju Banjarbaru maupun Hulu Sungai.

Sementara untuk rekayasa arus lalu lintas di seputar Lapangan Murjani, seperti Jalan Panglima Batur menuju Pemkot dari arah Barat dan Jalan Panglima Batur menuju Pemkot dari arah Timur ditutup.

Juga jalan-jalan lainnya di sekitaran Lapangan Murjani seperti Jalan Agus Salim, Jalan Dr Sutomo Barat, Jalan Husni Thamrin Timur ditutup.

Saat malam pergantian tahun, kapolres mengimbau agar masyarakat lebih baik di rumah saja jika tak ada keperluan mendesak.

“Isi aktivitas dengan perbanyak ibadah dan kegiatan positif di tempat masing-masing,” kata Khamid melalui Kasi Humas AKP Tajudin Noor.

Polisi akan melarang adanya even atau acara semacam pesta saat malam pergantian tahun baru 2022. Termasuk menyalakan mercon, kembang api dan sejenisnya.

“Hindari kerumunan dan patuhi protokol kesehatan dan peraturan Satgas Covid-19,” ujarnya.

Wali Kota Aditya Mufti Ariffin menegaskan bakal ada patroli cipta kondisi skala besar guna mengantisipasi kerawanan menjelang malam tahun baru.

Pemkot bakal menggandeng personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan.

“Jadi malam ini kita sudah koordinasi dengan Polres dan Kodim, untuk patroli di tempat-tempat yang mana kita perkirakan akan ada kerumunan, jadi akan kita antisipasi duluan,” tegasnya.

Banjarbaru sendiri masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat level 1.

“Walaupun Banjarbaru sudah PPKM level 1 tetap kita menjaga protokol kesehatan, mudah-mudahan Covid tidak meningkat di Kota Banjarbaru,” tutupnya.

Tim Pakar Covid-19 dari Universitas Lambung Mangkurat Hidayatullah Muttaqin mengingatkan dalam menyambut pergantian tahun sebaiknya masyarakat beraktivitas secara terbatas.

Sekalipun harus keluar rumah, terus terapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Hindari kerumunan atau berada di tempat yang banyak orang. Termasuk kalau makan sebaiknya di rumah saja. Jika beli di luar take away atau bawa pulang,” sarannya.

Terpenting, jangan pernah lupakan masker untuk melindungi keluarga di rumah. Terutama orang tua lanjut usia dan anak kecil.

Selain mengingatkan masyarakat ia juga menitipkan pesan untuk pemerintah daerah.

“Dilarang saja kegiatan perayaan tahun baru. Juga mobilitas penduduk diturunkan melalui berbagai peraturan yang bisa dibuat,” pesannya.

Taqin mengakui tren kasus Covid-19 di Banjarbaru tengah minim. Kendati begitu, masyarakat perlu mewaspadai ancaman Omicron.

“Tindakan pencegahan penting sekali dan lebih baik agar tidak terjadi kasus seperti di berbagai negara,” ujarnya.

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalsel

Karhutla di Kalsel Capai 3 Ribu Hektar, Kabupaten Banjar Terparah
apahabar.com

Kalsel

Dalam Sepekan Bertambah 24 Pasien DBD di Kabupaten Banjar
apahabar.com

Kalsel

Imbas Gedung Baru Duta Mall, Warga Mengeluh ke DPRD hingga Paman Birin

Banjarbaru

Heboh! Truk Kontainer Terguling Tindih Fortuner di Sungai Ulin Banjarbaru
apahabar.com

Kalsel

Kodim 1008 Tanjung Gelar Tari Kreasi Daerah
apahabar.com

Kalsel

Kalsel Tak Siap Jika Diserang Covid-19 Gelombang Kedua
apahabar.com

Kalsel

Dukung Perwali Banjarmasin, HBI Ketat Terapkan Protokol Kesehatan
apahabar.com

Kalsel

Peduli Diananta, Koalisi untuk Masyarakat Adat dan Kebebasan Pers Galang Donasi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com