Bocah Lumpuh Tak Punya Biaya Berobat di Kotabaru Turut Curi Perhatian Kemensos Turun Tangan Catat, Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional 2022 Capai Rp451 Triliun DITAHAN! Sopir Penyeruduk Tembok Pasar Antasari yang Tewaskan Bumil Xi Jinping Serukan ‘Perang’ Pemonopoli Ekonomi Digital Joget TikTok Bareng Cewek, Pratama Arhan Disentil Warganet

Sah, RUPS Tetapkan Darmawan Prasodjo Jabat Dirut PLN

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) memutuskan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN gantikan Zulkifli Zaini.
- Apahabar.com     Senin, 6 Desember 2021 - 13:17 WITA

Sah, RUPS Tetapkan Darmawan Prasodjo Jabat Dirut PLN

Darmawan Prasodjo (dua dari kiri) menerima salinan SK Menteri BUMN Erick Thohir (dua dari kanan) yang menetapkannya sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PLN (Persero) memutuskan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN.

Mantan Wakil Direktur Utama PLN ini ditunjuk dan ditetapkan untuk menggantikan posisi Zulkifli Zaini.

Surat keputusan RUPS yang berlaku mulai 6 Desember 2021 itu disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (6/12).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyampaikan pemimpin harus menyandarkan tanggung jawab yang diemban dengan hati dan keikhlasan dalam mengelola perusahaan terutama perusahaan pelat merah.

“Amanah untuk memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada negara dan memiliki dampak sosial seluas-luasnya berupa peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata dalam rilis PLN seperti dilansir Antara, Senin.

“Amanah dalam mengelola PLN untuk bertahan dan tetap melayani, serta meringankan beban masyarakat miskin dan tidak mampu saat pandemi Covid-19 mengisyaratkan beliau memahami komitmen yang diemban,” ujarnya.

Laba Naik

Dalam kurun dua tahun terakhir, PLN telah memperbaiki kinerja keuangan dan berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp345,4 triliun dan mencapai laba bersih Rp 5,99 triliun pada 2020.

Laba ini naik 39,3 persen dibandingkan pada 2019. Perseroan juga berhasil menurunkan jumlah rasio utang menjadi senilai Rp 452,4 triliun.

Erick menambahkan dalam kepemimpinan Zulkifli, usaha transformatif juga dilakukan secara paralel sebagai salah satu garda dalam program pemulihan ekonomi nasional selama pandemi Covid-19.

Kontribusi PLN melalui diskon listrik dengan target penerima 31,4 juta rumah tangga di 2020 dan 32,6 juta rumah tangga pada 2021, telah membantu menjaga kestabilan ekonomi dan sosial di masyarakat.

“Terima kasih sebesar-besarnya atas komitmen yang sudah diberikan selama ini. Saya yakin rekam jejak terbaik yang ditorehkan menjadi legacy dan pondasi untuk pemimpin berikutnya,” ucap Erick.

Transformasi Perlu Terobosan

Erick berpesan kepada direktur utama yang baru Darmawan Prasodjo untuk melanjutkan upaya transformasi yang telah dilakukan dapat terus ditingkatkan.

“Transisi energi yang dilakukan PLN perlu dilakukan terobosan sehingga tidak membebani negara dan masyarakat,” kata Erick.

Tantangan transformasi PLN ke depan tidak hanya terbatas pada perbaikan finansial PLN, tetapi juga menghadapi tantangan jaman dimana energi yang lebih hijau, digitalisasi, servis kepada masyarakat serta penerapan ecolifestyle menjadi kebutuhan utama demi menciptakan lingkungan yang berkesinambungan untuk generasi masa kini dan generasi masa depan.

“PLN perlu mempersiapkan diri untuk melakukan akselerasi bisnis dalam menghadapi trend baru seperti ekosistem kendaraan listrik dan berkolaborasi terkait electrifying lifestyle dengan pihak-pihak lain,” pesan Erick.

Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan seluruh pihak selama menjabat sebagai direktur utama perusahaan setrum negara.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Gedung KPK

Nasional

Gedung KPK Jakarta Ditembak Laser ‘Berani Jujur Pecat!’
apahabar.com

Nasional

Membaik Pasca-Depresi, Polisi: Uang Lihan Sudah Habis
apahabar.com

Nasional

Blokir Internet di Papua, Mampukah Meredam Situasi?
apahabar.com

Nasional

TNI Mengerahkan 3 Helikopter Lakukan Pencarian Helikopter Hilang
Kasus Varian Omicron

Nasional

BREAKING! Satu Kasus Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia
Rizieq

Nasional

Ini Identitas 6 Pengikut Habib Rizieq yang Tewas Baku Tembak dengan Polisi
Dokter Lois

Nasional

Soal Klaim Interaksi Obat Dokter Lois, Begini Penjelasan Prof Zullies Ikawati
apahabar.com

Nasional

Seru! Empat Kepala Daerah Paparkan Keunggulan Wilayah Mereka, Simak Penjelasannya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com