Bocah Lumpuh Tak Punya Biaya Berobat di Kotabaru Turut Curi Perhatian Kemensos Turun Tangan Catat, Anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional 2022 Capai Rp451 Triliun DITAHAN! Sopir Penyeruduk Tembok Pasar Antasari yang Tewaskan Bumil Xi Jinping Serukan ‘Perang’ Pemonopoli Ekonomi Digital Joget TikTok Bareng Cewek, Pratama Arhan Disentil Warganet

Sambangi Kota Pahlawan, Wabup HSS Optimis Pengelolaan Sampah Bisa Diterapkan di Daerah

Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad beserta rombongan menyambangi Pusat Daur Ulang (PDU) Jambangan
- Apahabar.com     Rabu, 8 Desember 2021 - 20:35 WITA

Sambangi Kota Pahlawan, Wabup HSS Optimis Pengelolaan Sampah Bisa Diterapkan di Daerah

Melihat pembuatan pupuk kompos di PDU Jambangan, Surabaya. Foto-apahabar.com/Nuha

apahabar.com, KANDANGAN – Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad beserta rombongan menyambangi Pusat Daur Ulang (PDU) Jambangan di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Rabu (8/12).

Kunjungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dan Dispera KPLH ini untuk belajar mengenai pengelolaan sampah yang produktif agar dapat dimanfaatkan kembali sehingga bisa bernilai ekonomis.

Terlebih, Surabaya merupakan salah satu yang dinilai mampu mengelola sampah dengan baik melalui program 3R (reduce, reuse, recycle).

Wabup Syamsuri Arsyad mengatakan bahwa pihaknya optimistis pengelolaan sampah pada PDU Jambangan dapat diterapkan ke Kabupaten HSS.

Sebab proses daur ulang sangat berguna mengurangi volume sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) sehingga meminimalisir terjadinya kelebihan.

Sistem terpadu yang dilakukan PDU Jambangan mampu menyaring sampah dan membuat nilai positif dengan menghasilkan kompos, tenaga listrik, dan pakan ternak.

“Semua proses daur ulang yang dipaparkan PDU Jambangan tadi sangat memungkinkan untuk bisa dikembangkan di tempat kita,” katanya.

Terpilihnya PDU Jambangan menjadi lokasi kunjungan studi karena pengelolaan sampah di sana memiliki kualitas baik.

“Kita akan kirim relawan-relawan HSS untuk magang dan belajar langsung secara teknis melakukan apa yang bisa kita lakukan untuk pengolahan sampah ini,” ujar Wabup HSS.

Kepala Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) Kota Surabaya, Anna Fajriatin menambahkan bahwa pihaknya mampu menekan pembuangan sampah pada TPA.

“Ini dapat mengurangi keseluruhan sampah hingga 50 persen, sehingga yang masuk ke TPA kami hanya sekitar 1.500 ton perhari,” terangnya.

Sementara itu, Anna Fajriatin menambahkan bahwa terdapat sebanyak 9 TPS 3R yang hampir sama dengan PDU Jambangan di Kota Surabaya.

Wabup HSS

Pemkab HSS belajar langsung pengelolaan sampah ke Kota Pahlawan, Surabaya. Foto-apahabar.com/Nuha

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Pemkab HSS

Rapat Paripurna APBD 2022, DPRD HSS Minta Pemerintah Daerah Lebih Transparan

Pemkab HSS

Dukung Revolusi Hijau, Bupati-Wabup HSS Tanam 200 Pohon

Pemkab HSS

Wabup HSS Tinjau Langsung Kondisi Jembatan ‘Angker’ Sungai Kupang
TP PKK HSS

Pemkab HSS

TP PKK HSS Bimtek Keterampilan Anggota di Daha Barat

Pemkab HSS

Rangkaian Harjad HSS Ke-71, Semarak Sunatan Massal di Daha Utara
Vaksinasi Berhadiah

Pemkab HSS

Tiga Pemenang Gebyar Vaksinasi Berhadiah di HSS Dapat Motor Matik
Vaksinasi BIN

Pemkab HSS

Bupati HSS Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi BIN
STAI Darul Ulum Kandangan

Pemkab HSS

Milad STAI Darul Ulum Kandangan, Wabup HSS Berikan Kado Eksklusif
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com