Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Sederet Pengetatan Tempat Usaha di Banjarmasin Resmi Berlaku Hari Ini

Khusus untuk Tempat Hiburan Malam (THM), Ibnu Sina mengintruksikan seluruh pemilik menutup usahanya pada 23, 24, dan 30 Desember 2021.
- Apahabar.com     Jumat, 24 Desember 2021 - 10:24 WITA

Sederet Pengetatan Tempat Usaha di Banjarmasin Resmi Berlaku Hari Ini

Pemkot Banjarmasin melakukan pengetatan tempat usaha selama natal dan tahun baru. Foto-dok.apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Sederet pengetatan resmi berlaku saat momentum Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di Kota Banjarmasin.

Dalam surat edaran nomor 556/779-PENG.PAR/DISBUDPAR, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, mengatur sejumlah poin khusus untuk pelaku usaha sektor pariwisata di Banjarmasin.

Pertama, pelaku usaha diminta mematuhi dan melaksanakan Peraturan Daerah nomor 12 tahun 2016 tentang Usaha Penyelenggaraan Hiburan dan Rekreasi, termasuk aturan-aturan terkait pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat usaha.

Selain itu, pelaku usaha diminta menyediakan fasilitas aplikasi Peduli Lindungi.

Melalui aplikasi tersebut, tamu yang hendak berkunjung ke tempat usaha sektor pariwisata diminta menunjukkan bukti vaksin Covid-19. Jika tidak, pengunjung diminta memperlihatkan hasil negatif swab antigen yang berlaku 1×24 jam.

“Atau pelaku usaha sektor pariwisata dan seluruh jajarannya agar mengarahkan tamu/pengunjung ke unit kesehatan terdekat untuk vaksin,” tulis Wali Kota dalam surat tertanggal 23 Desember 2021.

Sementara pelaku usaha rumah makan, kafe, mal, dan pusat perbelanjaan hingga bioskop diminta menyesuaikan jam operasional sesuai ketentuan yang berlaku saat natal dan tahun baru.

Khusus untuk Tempat Hiburan Malam (THM), Ibnu Sina mengintruksikan seluruh pemilik menutup usahanya pada 23, 24, dan 30 Desember 2021.

Sedangkan saat malam pergantian tahun, dia meminta jam operasional THM mengacu Perda 12/2016 Pasal 6 ayat (1) dan (2) serta instruksi Mendagri.

Lebih lanjut, Ibnu tegas melarang kegiatan konser, gala dinner dan sejenisnya di tempat terbuka yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa.

“Surat edaran ini berlaku sejak tanggal 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022, dan akan disesuaikan apabila perlu,” tutup Ibnu dalam suratnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

bawaslu banjarmasin

Kalsel

Laporan AnandaMU Ditolak Bawaslu Banjarmasin, Bambang: Putusan Setengah Hati
apahabar.com

Kalsel

Diuber Massa, Terduga Pencuri Nekat Lompat ke Sungai Martapura
Pasien Isoman

Banjarbaru

Kasus Covid-19 Melandai, Pasien Isoman di Banjarbaru Nihil
apahabar.com

Kalsel

Tanggulangi Covid-19, PT Taspen Serahkan Bantuan
apahabar.com

Kalsel

BREAKING NEWS! Tongkang Tua Itu Terbakar Lagi

Kalsel

Demi Keamanan, Sopir di Terminal Kilometer 6 Banjarmasin Jalani Swab
apahabar.com

Kalsel

VIDEO: Detik-Detik Jemaah di Martapura Ngotot Jumatan Lagi
SPBU Banua Lima

Kalsel

Blakblakan Pelangsir di Amuntai Setelah Penggerebekan SPBU Banua Lima
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com