Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Semarak Hari Jadi Batola, Ada Lomba Balogo Seantero Kalsel

- Apahabar.com     Rabu, 29 Desember 2021 - 09:23 WITA

Semarak Hari Jadi Batola, Ada Lomba Balogo Seantero Kalsel

Balogo menjadi salah satu cabang olahraga tradisional yang akan menyemarakkan Hari Jadi Barito Kuala ke-62. Foto: Antara

apahabar.com, MARABAHAN – Menyemarakkan Hari Jadi Barito Kuala ke-62, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar aneka lomba, termasuk balogo dengan peserta seantero Kalimantan Selatan.

Lomba balogo digelar dalam dua dua sesi. Adapun sesi pertama berlangsung 2 Januari 2022 di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Sesi pertama yang dikhususkan warga Batola ini bersifat seleksi perorangan. Peserta terbaik dari sesi pertama, berkesempatan mengikuti sesi kedua untuk bertanding melawan peserta dari seluruh Kalsel.

“Lomba balogo tingkat Kalsel ini akan digelar 5 hingga 6 Januari 2022, juga di Lapangan 5 Desember Marabahan,” jelas Ketua KORMI Batola, Akhmad Wahyuni, Rabu (29/12).

“Untuk lomba balogo tingkat Kalsel, peserta dibatasi hanya lima regu per kabupaten/kota dan setiap regu berjumlah 3 pemain. Sedangkan total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp25,5 juta,” imbuhnya.

Kehadiran lomba balogo dalam perayaan Hari Jadi Batola, juga mengakomodir hasrat penggemar salah satu olahraga tradisional ini.

“Pun event olahraga tradisional baru pertama kali digelar di Batola. Ini juga menjadi bagian usaha kami dalam untuk melestarikan permainan peninggalan leluhur,” imbuhnya.

Selain balogo, olahraga tradisional lain yang digelar adalah egrang (babatisan), bakiak (terompah) dan tarik tambang.

Baik egrang, bakiak, serta tarik tambang, khusus diperuntukkan masyarakat Batola dan tetap digelar di Lapangan 5 Desember Marabahan.

Total hadiah untuk lomba egrang senilai lomba enggrang Rp600.000, bakiak Rp1.350.000, dan tarik tambang Rp3.750.000.

“Dijadwalkan egrang dan bakiak dilaksanakan 5 Januari 2022. Sedangkan tarik tambang digelar 6 Januari 2022,” jelas Wahyuni.

“Oleh karena masih dalam situasi pandemi, kami juga menekan penerapan protokol kesehatan kepada semua peserta,” tandasnya.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Batola

Tak Kunjung Rampung, Masjid di Kuripan Batola Dijual

Batola

Penerimaan CPNS di Batola Sudah Dibuka, Cek Formasinya

Batola

Ditertibkan, Belasan Supeltas di Alalak Batola Diingatkan Jangan Pungli

Batola

Belasan Perwira Pertama di Polres Batola Bergeser, Mulai Kabag hingga Kapolsek
Krisis Air Bersih

Batola

Krisis Air Bersih Dimulai, PDAM Batola Setop Sementara Pelayanan di Alalak

Batola

Pernah Ditegur, Warung Remang-remang di Desa Batik Bakumpai Batola Ditutup Aparat
SPBU Sungai Pantai

Batola

Nahas, Pemotor Tewas Depan SPBU Sungai Pantai Batola Diduga Korban Tabrak Lari
Buaya

Batola

Heboh Penampakan Buaya di Semangat Dalam Batola, Cek Faktanya
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com