Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Semeru Erupsi Lagi; Sumberwuluh Zona Merah, Tak Ada Korban Jiwa

Gunung Semeru dilaporkan erupsi lagi pada Kamis (16/12) kemarin. Sepuluh dusun di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, menjadi zona merah banjir lahar gunung tersebut.
- Apahabar.com     Jumat, 17 Desember 2021 - 13:51 WITA

Semeru Erupsi Lagi; Sumberwuluh Zona Merah, Tak Ada Korban Jiwa

Warga Sumberwuluh diminta mengevakuasi diri karena adanhya potensi banjir lahar. Foto-Istimewa.

apahabar.com, JAKARTA – Gunung Semeru dilaporkan erupsi lagi pada Kamis (16/12) kemarin. Sepuluh dusun di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, menjadi zona merah banjir lahar gunung tersebut.

Sepuluh dusun itu antara lain; Dusun Kebondeli Utara, Dusun Kebondeli Selatan, Dusun Kamar Kajang, Dusun Kamar Kajang Kuning, Dusun Krajan, Dusun Kebon Agung, Dusun Sukosari, Dusun Poncosumo, Dusun Sumberwuluh Tengah, dan Dusun Kampung Baru.

“Karena situasi Desa Sumberwuluh membahayakan, saya harap masyarakat untuk ikuti anjuran [evakuasi],” kata Sekretaris Desa Sumber Wuluh Syamsul Arifin, Jumat (17/12).

Anjuran evakuasi ini dilakukan sebab pada kejadian erupsi sebelumnya Gunung Semeru dilaporkan mengalami tiga kejadian awan panas guguran dan menyemburkan material lahar dingin. Dikhawatirkan, aktivitas vulkanik kawah masih akan meningkat, terlebih, di saat hujan.

Syamsul mengatakan akibat erupsi susulan kemarin setidaknya ada 33 rumah tertimbun meterial pasir yang dibawa banjir lahar dingin dengan ketinggian 30-80 sentimeter.

Meski demikian, ia menyebut tak ada korban jiwa akibat kejadian susulan tersebut. Syamsul mengatakan saat ini para warga sudah mulai mengevakuasi harta bendanya di rumah.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Saat sudah aman, para warga yang sudah terdampak mulai mengevakuasi harta benda yang masih bisa diselamatkan,” katanya.

Selain permukiman, banjir lahar kemarin juga mengakibatkan jalan nasional di Desa Sumberwuluh ikut terdampak. Kini akses masuk ke Desa Sumberwuluh pun dijaga ketat.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Miris, Elang Bondol Gunakan Plastik untuk Sarang
Muhammad Kece

Nasional

Muhammad Kece Dianiaya Sesama Tahanan di Rutan Bareskrim
Sriwijaya Air SJ182

Nasional

Sriwijaya Air SJ182 Jatuh, Keluarga Pilot Kapten Afwan Berharap Ada kabar Baik

Nasional

Corona ‘Meledak’ Lagi di Eropa, Presiden Jokowi: Waspada!

Nasional

Doa Terbaik, Balita Kembar Dempet di Kobar Operasi Pemisahan
apahabar.com

Nasional

Bupati Sidoarjo Miliki Kekayaan Rp60 Miliar
apahabar.com

Nasional

Update Situng KPU Pukul 12.00 WIB, Jokowi-Ma’ruf Nyaris Unggul Lima Juta Suara
apahabar.com

Nasional

Melawan Petugas Saat Disuruh Pakai Masker Ditangkap Polisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com