Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Siap-Siap, Tak Cuma Banjarmasin yang Terancam Banjir Rob Susulan

Tak hanya Banjarmasin, Kotabaru juga terancam banjir air laut pasang atau rob dalam dua hari ke depan
- Apahabar.com     Jumat, 10 Desember 2021 - 22:06 WITA

Siap-Siap, Tak Cuma Banjarmasin yang Terancam Banjir Rob Susulan

Banjir rob melanda Banjarmasin, daerah terdampak meluas. apahabar.com/Bahaudin Qusairi

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak hanya Banjarmasin, Kotabaru juga terancam banjir air laut pasang atau rob dalam dua hari ke depan.

“Masyarakat diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut ini,” terang Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin, Fitma Surya Arghani di Banjarbaru, Jumat (10/12), dikutip apahabar dari Antara.

Rob berpotensi melanda wilayah rendah. Untuk Banjarmasin pasang maksimum diperkirakan antara pukul 22.00 sampai 03.00. Sementara di Kotabaru antara pukul 21.00 sampai 22.00.

Rob, kata Fitma, akibat adanya aktivitas pasang air laut dan fase bulan baru, peningkatan curah hujan serta potensi angin yang cukup kencang yang dapat memengaruhi dinamika pesisir di wilayah perairan Kalsel.

Jika demikian, hal tersebut akan berdampak pada terganggunya transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir, aktivitas perikanan darat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan.

Sedang pada kasus terjadinya curah hujan tinggi di daratan hingga memicu banjir luapan atau banjir bandang, tambah Fitma, maka kondisi rob di pesisir dapat menghambat surutnya banjir di sekitar wilayah tersebut.

BMKG juga memberikan peringatan dampak hujan lebat di Kalsel dengan status waspada yaitu Kabupaten Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong.

Sementara status siaga ada Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Barito Kuala, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin.

Status waspada dan siaga tersebut berlaku tanggal 11 dan 12 Desember 2021. Volume air sungai yang meningkat hingga menyebabkan banjir bisa terjadi termasuk longsor, guguran bebatuan dan erosi tanah.

“Jadi kami ingatkan masyarakat yang daerah rawan bencana agar lebih berhati-hati termasuk saat beraktivitas di luar rumah,” timpal Fitma.

Banjir Rob Banjarmasin Meluas, Berikut 21 Titik Sebaran Dampak La Nina

Editor: Fariz Fadhillah - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Teh Hijau

Kalsel

Kalsel Jalur Sutera Penyelundupan Sabu ‘Teh Hijau’ Jaringan Internasional
apahabar.com

Kalsel

IRT Amuntai Bantu Kabur 3 Tahanan Siap Diadili
Alumnus Gowa di Banjarbaru Lakukan Tes Swab Hari Ini

Kalsel

Alumnus Gowa di Banjarbaru Lakukan Tes Swab Hari Ini
apahabar.com

Kalsel

Warga Babayau Swadaya Perbaiki Jembatan Lama
apahabar.com

Kalsel

Susun Pengurus Baru, BPC Hipmi Barito Kuala Langsung Dapat Tantangan
apahabar.com

Kalsel

Sasar Pasar Tradisional, Polsek Tabunganen Cek Suhu Badan Pedagang dan Pengunjung
apahabar.com

Kalsel

HAN 2019, Bupati Banjar: Jelang Magrib Anak Jangan Keluyuran
apahabar.com

Kalsel

AJI Balikpapan Soal Pemeriksaan Editor Banjarhits.Id
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com