Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Syarat Jalan di Nataru, Satgas Bakal Wajibkan Vaksin Lengkap

- Apahabar.com     Kamis, 9 Desember 2021 - 20:09 WITA

Syarat Jalan di Nataru, Satgas Bakal Wajibkan Vaksin Lengkap

Ilustrasi perayaan tahun baru. Foto-Istimewa

apahabar.com, JAKARTA – Pemerintah bakal segera mengeluarkan wajib vaksinasi Covid-19 sebagai salah satu syarat perjalanan selama masa Natal dan tahun baru 2022 (Nataru).

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut syarat tambahan itu dilakukan sebagai upaya menekan laju penularan virus corona di masyarakat.

Kementerian Perhubungan memprediksi setidaknya 11 juta masyarakat Indonesia masih bepergian selama libur Nataru mendatang.

“Dalam waktu dekat pemerintah akan menerapkan kebijakan wajib vaksin penuh untuk perjalanan antar kabupaten atau kota di wilayah aglomerasi selama periode natal dan tahun baru, di luar wilayah aglomerasi selama periode natal dan tahun baru,” kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Lawan Covid19 ID, Kamis (9/12).

Kendati demikian, Wiku juga menggarisbawahi sejumlah daerah yang capaian vaksinasinya masih minim, seperti sejumlah daerah di luar Jawa-Bali. Ia menyebut, daerah dengan kondisi tersebut akan mengikuti aturan pemerintah daerahnya masing-masing.

Wiku lantas mewanti-wanti masyarakat untuk segera mendatangi gerai vaksinasi Covid-19. Lagi pula menurutnya program vaksinasi Covid-19 tak lain tak bukan sebagai salh satu upaya agar Indonesia mampu keluar dari kubangan pandemi Covid-19.

“Bagi daerah di luar jawa bali yang cakupan vaksinasinya masih di bawah rata-rata nasional, pemerintah pusat memberikan diskresi kepada pemerintah daerah untuk dapat menyesuaikan peraturan sesuai dengan kondisi di daerahnya masing-masing,” ujar Wiku.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Biaya Melahirkan

Nasional

Biaya Melahirkan Juga Bakal Kena PPN
apahabar.com

Nasional

Ini Kata Ustaz Abu Bakar Ba’asyir Setelah Bebas
Positif Covid-19

Nasional

Positif Covid-19 Tembus 14 Ribu, Total Kasus 2 Juta Orang
Gunung Raung

Nasional

Abu Gunung Raung Hujani Banyuwangi, Bandara Ditutup
Ilustrasi - Alat pencatatan radar gempa. Foto: BMKG.go.id

Nasional

Gempa 7,5 Magnitudo di NTT, BMKG Minta 14 Daerah Siaga dan 7 Waspada Tsunami
Imunitas Tubuh

Nasional

Imunitas Tubuh Makin Kuat, Penyintas Covid-19 Perlu Vaksinasi
Banjir

Nasional

Banjir Kalteng dan Kalbar, Kepala BNPB Tinjau Kondisi Penanganan Warga Terdampak

Nasional

Anies Baswedan Positif Covid-19
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com