Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Tak Dilibatkan Serah Terima DIPA-TKDD 2022, Ketua Dewan Kalsel Beraksi

Tak dilibatkan dalam penyerahan simbolis Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan alokasi Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) 2022
and - Apahabar.com     Sabtu, 4 Desember 2021 - 07:36 WITA
and - Apahabar.com     Sabtu, 4 Desember 2021 - 07:36 WITA

Tak Dilibatkan Serah Terima DIPA-TKDD 2022, Ketua Dewan Kalsel Beraksi

Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Tak dilibatkan dalam penyerahan simbolis Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan alokasi Transfer ke Daerah dan Desa (TKDD) 2022 Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK bereaksi.

“Baru kali ini DPRD kada (tak) diundang penyerahan DIPA, mungkin lupa kali namanya manusia pasti ada salah dan lupa,” begitu isi pesan Supian HK kepada media ini.

Ia juga melampirkan daftar Satker penerima DIPA dan TKDD secara simbolis yang digelar di Mahligai Pancasila Jumat pagi. “1000% salah total,” ungkapnya.

Ia merasa keterlibatan dewan, sebagai perwakilan rakyat perlu dalam acara penyerahan simbolis DIPA dan TKDD untuk para kepala daerah di Kalsel.

Sebelumnya Gubernur Kalsel, H Sabirin Noor menyerahkan secara DIPA dan TKDD 2022, kepada para kepala daerah.

Pria yang lebih akrab disapa Paman Birin ini berpesan supaya memanfaatkan DIPA dan TKDD 2022 untuk memulihkan lebam ekonomi banua pascahantaman pandemic, yang sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo.

“Mendorong kebangkitan ekonomi nasional serta mendukung reformasi struktural serta komitmen pada green dan sustainable economic,” kata Gubernur.

Sabirin berharap agar para bupati dan wali kota bisa menyerap anggaran sesuai rencana kegiatan dan penarikan dana yang telah disusun di halaman III DIPA.

Ujarnya, tak hanya mampu menyerap anggaran, para kepala daerah mestinya bisa bertanggung jawab penggunaan anggaran tersebut. Sabirin mengimbau untuk berkolaborasi bersinergi dan bergerak bersama guna membangun Banua sekaligus mewujudkan visi Kalsel maju.

“Bekerja dengan cepat, responsif akuntabilitas transparansi harus dikedepankan,” pesan Paman Birin.

Untuk tahun ini DIPA dan TKDD Kalsel berjumlah Rp 25,07 triliun. Dengan rincian Rp 8,18 triliun belanja kementerian/lembaga dan Rp 16,89 triliun belanja TKDD.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Sulaimansyah, mengungkapkan, dukungan pemerintah pusat kepada Kalsel stabil walau di masa pandemi.

“DIPA yang diserahkan hari ini berjumlah 541 DIPA dengan nilai Rp 8,18 T,” kata Sulaimansyah.

Terdiri dari 40 DIPA SKPD (satuan kerja perangkat daerah) Rp 162,80 M dan DIPA Satker instansi vertikal sebesar Rp 8,02 T. Untuk belanja TKDD di Kalsel tahun 2022, terdapat 10 Pemerintah Daerah yang mengalami kenaikan alokasi sementara 4 daerah mengalami penurunan.

Untuk diketahui, seremoni penyerahan DIPA dan TKDD merupakan acara tahunan yang dihadiri oleh para kepala daerah pemegang anggaran seperti 13 Kepala daerah di Kalsel.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Kalsel

Kena Hajar Korbannya Sendiri, Pencuri Motor di Banjarbaru Langsung Masuk Bui
Dosen ULM

Kalsel

Dosen ULM Berguguran di Masa Covid-19, Akreditasi Dipastikan Aman
apahabar.com

Kalsel

Jaga Kondusifitas, Polres HSS Gelar Patroli Malam
apahabar.com

Kalsel

Pengadaan BRT, Dishub Klaim Respon Keluhan Masyarakat Banjarmasin

Kalsel

Senangnya Warga Tapin Peroleh Baju Langsung dari Jokowi
apahabar.com

Kalsel

Si Jago Merah Hanguskan 4 Ruang Kelas Sekolah dan 2,5 Hektar Lahan di HSS
RSJ

Kalsel

Dewan Kalsel Dukung RSJ Sambang Lihum Jadi Tempat Tes CPNS dan Calhaj
apahabar.com

Kalsel

Maju di Pilkada Serentak 2020, Ibnu Sina Pamit dari Jabatan Wali Kota Banjarmasin
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com