Tok! KPU-Kemendagri Sepakat Jadwal Pemilu 14 Februari 2024 Cuaca Kalsel Hari Ini: Sebagian Wilayah Diprediksi Cerah Berawan Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan

Tari ‘Barakat Akur’ Warnai Puncak Harjad ke-56 Tabalong

Tari 'Barakat Akur' mewarnai peringatan puncak Hari Jadi ke-56 Kabupaten Tabalong yang digelar pemerintah setempat di Halaman Pendopo Bersinar
- Apahabar.com     Selasa, 7 Desember 2021 - 14:24 WITA

Tari ‘Barakat Akur’ Warnai Puncak Harjad ke-56 Tabalong

Para penari dari Komunitas Seni Budaya GENTA membawakan tari 'Barakat Akur' di depan Wagub Kalsel dan undangan lainnya. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

apahabar.com, TANJUNG – Tari ‘Barakat Akur’ mewarnai peringatan puncak Hari Jadi ke-56 Kabupaten Tabalong yang digelar pemerintah setempat di Halaman Pendopo Bersinar Pembataan Kecamatan Murung Pudak, Selasa (7/12).

Tari ‘Barakat Akur’ dibawakan para penari dari Komunitas Seni Budaya GENTA (GENerasi TAbalong).

Tarian ini merupakan karya tari yang berpijak pada gerakan khas dari berbagai tari daerah di Indonesia seperti Banjar, Dayak, Bali, Papua, Sunda, Aceh, Sulawesi dan Minang yang digabung dalam satu tarian kreasi hasil karya anak banua Bumi Sarabakawa.

Tari ‘Barakat Akur’ menggambarkan kehidupan masyarakat Tabalong yang heterogen namun berjalan sangat harmonis, saling menghormati dan menghargai meskipun dilatarbelakangi oleh berbagai keberagaman suku, adat istiadat, bahasa dan budaya.

Keberagaman ini bukan masalah tapi sebuah berkah dalam mengikat persaudaran, memperkokoh persatuan dan merekat kekuatan dalam memberikan kontribusi untuk Kalimantan Selatan sebagai provinsi penyangga ibu kota negara.

‘Barakat Akur’, hidup berdampingan sudah berlangsung sejak dahulu kala, beratus-ratus tahun lamanya. Seiring rentak, bahu membahu, hidup akur pantang mundur, bersama-sama memberikan pengabdian terbaik menuju Tabalong Terdepan.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan (Disdik) Tabalong, Masdulhak Abdi mengatakan, dinamakan tarian Barakat Akur, dikarenakan banyaknya warga masyarakat dari suku lain yang sudah lama tinggal bersama warga asli Kalimantan Selatan.

“Kehadiran mereka juga banyak memberikan kontribusi dalam kemajuan bagi Kabupaten Tabalong,” ucapnya.

Berbagai tarian yang ditampilkan ini juga merupakan kolaborasi dari berbagai pemuda-pemudi Kabupaten Tabalong yang mencintai kesenian tari tradisional.

“Penarinya 13 orang, pemain musik 6 orang dan kru lainnya 5 orang,” ungkap Abdi.

Kata Abdi, meski masyarakat Tabalong hidup secara heterogen dengan berbagai keragamannya namun mereka bisa bersatu.

“Pesan tarian tersebut, kita tidak bisa membangun Tabalong tanpa kerjasama untuk menjadikan Tabalong yang lebih baik, dan Tabalong terdepan,” pungkas Masdulhak Abdi.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

BKN Award 2021

Pemkab Tabalong

Tabalong Raih Terbaik III Bidang Kepegawaian di BKN Award 2021
PPKM

Pemkab Tabalong

Soal PPKM, Pemkab Tabalong Menunggu Surat Resmi

Pemkab Tabalong

Wabup Tabalong Pinta Pengurus Rumah Ibadah Terapkan dan Awasi Prokes Covid-19

Pemkab Tabalong

Lantik Kades Jirak Pugaan, Simak Pesan Wabup Tabalong

Pemkab Tabalong

Wakil Bupati Tabalong Serahkan Insentif Ratusan Pengurus Rumah Ibadah
PUPR Tabalong

Pemkab Tabalong

Biaya Sewa Alat Berat di UPT Balai Peralatan PUPR Tabalong Lampaui Target
Tomat

Pemkab Tabalong

Sukses Tanam Tomat, Petani Jaro Tabalong Sasar Tanaman Lainnya
Forkopimda

Pemkab Tabalong

Wabup Bersama Forkopimda Tabalong Monitoring Pos Checkpoint Penyekatan Pemudik ke Perbatasan Kalsel
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com