Via Pesantrenpreneur, Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Songsong Putaran Nasional Liga 3, Pemain Persemar Martapura Teken Kontrak Saingi Jembatan ‘Basit’, Banjarmasin Geber Megaproyek Pembelah Sungai Martapura Waketua DPRD Respons Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’ Fix! Sopir Batu Bara Tapin Batal Sweeping Truk Semen Tabalong

Terbongkar! Polda Kalsel Sita Puluhan Ribu Botol Oli Abal-Abal

Polda Kalsel membongkar kasus peredaran oli motor tiruan dari salah satu toko di Jalan Kelayan A Banjarmasin, Kamis (9/12).Hasilnya dari
- Apahabar.com     Jumat, 10 Desember 2021 - 19:51 WITA

Terbongkar! Polda Kalsel Sita Puluhan Ribu Botol Oli Abal-Abal

10 ribu lebih oli abal-abal merek Yamahalube dan AHM disita Ditreskrimsus Polda Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Polda Kalsel membongkar kasus peredaran oli motor tiruan dari salah satu toko di Jalan Kelayan A Banjarmasin, Kamis (9/12).

Hasilnya dari pengungkapan kasus tersebut, Subdit I (Indagsi) Ditreskrimsus Polda Kalsel menetapkan satu tersangka berinisial IP yang merupakan pemilik barang.

Selain menetapkan tersangka, polisi juga menyita barang bukti berupa 10.128 oli abal-abal yang disimpan di toko tersebut.

“Merek yang dipalsukan Yamahalube dan AHM ,” ujar Direktur Reskrimsus Polda Kalsel, Kombes Pol Suhasto, melalui Kasubdit I AKBP Ridwan Raja Dewa, Jumat (10/12).

Terbongkarnya kasus peredaran oli motor abal-abal berawal dari adanya laporan masyarakat yang masuk, yang kemudian ditindaklanjuti petugas Subdit I.

“Ada dua laporan yang masuk ke kami. Kemudian kami selidiki ternyata benar ditemukan oli palsu ini,” imbuhnya.

Dikatakan Ridwan, berdasar keterangan dari tersangka, oli palsu tersebut diperoleh salah satu distributor yang berasal dari Kabupaten Tangerang Provinsi Banten.

“Informasi yang kami dapatkan berasal dari Toko Cilongok Jaya dekat Jalan Pasar Kemis, Sukamantri Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang, Banten,” bebernya.

Atas informasi itu petugas Subdit I Ditreskrimsus Polda Kalsel kemudian melakukan pengembangan bekerja sama dengan kepolisian setempat dan mendatangi toko sesuai alamat yang didapat dari keterangan tersangka.

Benar saja, dari hasil pengembangan dan penggeledahan yang dilakukan di toko tersebut, polisi kembali berhasil mengamankan 18.708 botol oli abal-abal.

Akibat perbuatannya IP disangkakan Pasal 100 dan pasal 102 Undang – Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis.

“Tersangka dan barang bukti saat ini telah diamankan untuk proses lebih lanjut,” pungkasnya.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Polisi gabungan melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris, Jalan Simpang Anem, Gang Seroja RT 14, Kuin Selatan, Banjarmasin Barat, Rabu (22/12). Foto-apahabar.com/Riyad

Banjarmasin

Polisi Geledah Rumah Terduga Teroris di Simpang Anem Banjarmasin
apahabar.com

Kalsel

Klaim Lengkap, Polisi Mengembalikan Berkas Lihan ke Kejaksaan
apahabar.com

Kalsel

Penyerang Mapolsek Daha Pelaku Tunggal, Polisi: Kakaknya Datang
apahabar.com

Kalsel

Pasca Pilpres, Calon Pemimpin yang Bertarung di Pilkada 2020 Diharap Tak Memantik Konflik di Masyarakat
apahabar.com

Kalsel

Sabu 1 Kg Gagal Edar di Kalsel Dimusnahkan, Nilainya Melebihi Pajero Sport
apahabar.com

Kalsel

Catatan Gegap Gempita Pemilu di Kalimantan Selatan
apahabar.com

Kalsel

Cerita Pilu Korban Kebakaran Belakang Pasar Hanyar, Kebingungan Mencari Tempat Tidur Malam Ini
HST

Kalsel

Pascabanjir di Hantakan HST, TNI Bersama Relawan Bangun Jembatan Darurat
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com