Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Timnas Indonesia Parkir Bus Lawan Vietnam, Shi Tae-yong: Semuanya Sesuai Rencana

- Apahabar.com     Rabu, 15 Desember 2021 - 23:57 WITA

Timnas Indonesia Parkir Bus Lawan Vietnam, Shi Tae-yong: Semuanya Sesuai Rencana

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, berusaha menggapai bola dalam pertandingan ketiga di Piala AFF 2020 melawan Vietnam. Foto: Okezone

apahabar.com, SINGAPURA – Meski hanya mampu mengimbangi Vietnam tanpa gol di matchday ketiga grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12), Timnas Indonesia dianggap sudah bermain sesuai rencana.

Indonesia memarkir bus alias bermain bertahan nyaris sepanjang 90 menit. Imbasnya penguasaan bola skuat besutan Shin Tae-yong ini hanya 30 persen, tanpa satu pun shots on target.

Sebaliknya Vietnam melepaskan 21 tembakan, meski hanya 1 yang mengarah ke sasaran. Anak asuh Park Hang-seo ini juga unggul jumlah operan dengan 667 berbanding 299.

Permainan bertahan yang diperagakan Indonesia, memang sukses membuat Vietnam frustrasi. The Golden Star pun hanya mengandalkan tendangan dari luar kotak penalti untuk mencoba mencetak gol.

Rupanya skema tersebut sudah disiapkan pelatih Shin Tae-yong untuk meredam agresivitas Vietnam. Terlebih dalam pertemuan terakhir di kualifikas Piala Dunia 2022, Indonesia pernah dihajar dengan skor telak 0-4.

“Saya sangat puas dengan permainan yang diperlihatkan anak-anak,” papar Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas pertandingan.

“Vietnam merupakan lawan terkuat di grup kami. Makanya rencana permainan kami hanya jangan sampai kebobolan, dan berharap bisa mencetak gol lewat serangan balik,” imbuhnya.

Hindari Cedera

Selain tidak menelan kekalahan, Shin Tae-yong juga sedikit lega lantaran pertandingan ketiga di Piala AFF 2020 tak menambah pemain cedera.

Faktanya Timnas Indonesia harus melakukan perubahan mendadak, ketika Ernando Eri mengalami cedera bahu, sebelum kick off menghadapi Vietnam.

Situasi itu membuat Shin Tae-yong memainkan Nadeo Argawinata untuk menggantikan posisi Ernando. Akibatnya, Indonesia tidak mempunyai kiper cadangan, karena Muhammad Riyandi dan Syahrul Trisna tak masuk daftar pemain.

“Cedera Ernando sangat disayangkan. Ini hampir mirip dengan situasi Elkan Baggott, karena terjadi beberapa jam sebelum pertandingan. Makanya gelandang juga difokuskan untuk bertahan ketimbang menyerang,” beber Shin Tae-yong.

“Sebenarnya saya ingin menambah jam bermain mereka di Piala AFF, tapi Elkan Baggott harus menjalani karantina. Saya berharap hal seperti ini tidak terjadi lagi,” tandasnya.

Hasil imbang melawan Vietnam membuat Indonesia masih memuncaki klasemen sementara Grup B dengan nilai 7. Vietnam juga mengemas nilai 7, tapi kalah agresivitas gol.

Namun demikian, Indonesia belum dinyatakan lolos ke semifinal. Evan Dimas cs minimal bermain imbang melawan Malaysia di matchday terakhir, Minggu (19/12).

Agar lebih aman, Indonesia harus mengalahkan Malaysia supaya tetap menjadi pemuncak grup. Situasi ini juga membuat Indonesia dapat terhindar dari melawan Thailand di semifinal.

Editor: Bastian Alkaf - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Sport

Bakri dan Rifa’i Menjadi yang Terbaik di apahabar.com Futsal Tournament 2019
Real Madrid

Sport

Diam-Diam! Luka Modric Selangkah Lagi Berseragam Manchester City
apahabar.com

Sport

Gasak Huesca, Barcelona Ambil Alih Posisi Real Madrid
apahabar.com

Sport

Renan Lodi Sebut Atletico Vs Liverpool Serupa Final

Sport

Hasil Liga Italia: Derby Ibu Kota, AS Roma Hancur Lebur di Tangan Lazio
apahabar.com

Sport

Piala Gubernur Jatim, Persija Tunggu Arema vs Persebaya di Final
apahabar.com

Sport

Hari Ini Satgas Anti Mafia Bola Periksa Jokodri
apahabar.com

Sport

Empat Pembalap Terbaik Kalsel Menuju Kualifikasi PON 2020
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com