Resmi Somasi Asprov PSSI Kalsel, Persebaru Banjarbaru Siap Adu Bukti Jadwal Siaran Langsung Timnas Putri Indonesia di Piala Asia 2022, Dapat Ditonton Gratis Mengejutkan, Pelatih Risto Vidakovic Tinggalkan Borneo FC Pesantrenpreneur: Mardani H Maming Bertekad Cetak Santri Pengusaha Fakta Baru Megaproyek Tandingan Jembatan ‘Basit’: Digagas Era Soeharto, Studi Kelayakan Diatensi

Tok! Pelaku Mutilasi Ibu Muda di Banjarmasin Divonis Seumur Hidup

Harry Purwanto pemutilasi ibu muda di Banjarmasin divonis seumur hidup oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin, Selasa (28/12).
- Apahabar.com     Selasa, 28 Desember 2021 - 18:52 WITA

Tok! Pelaku Mutilasi Ibu Muda di Banjarmasin Divonis Seumur Hidup

Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin dalam sidang kasus mutilasi, Selasa (28/12). Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Harry Purwanto pemutilasi ibu muda di Banjarmasin divonis seumur hidup oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin, Selasa (28/12).

“Mengadili Harry terbukti secara sah pembuahan berencana. Menjatuhkan selama seumur hidup,” ujar Ketua Majelis Hakim Persidangan, Heru Kuntjoro saat membacakan putusan.

Hakim menyatakan pria 40 tahun tersebut terbukti bersalah dan meyakinkan telah melanggar Pasal 340 KUHPidana tentang pembunuhan berencana. Dan Subsider pasal 338 tentang pembunuhan biasa.

Vonis yang dijatuhkan terhadap terdakwa Harry lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) sebelumnya. Dimana sebelumnya jaksa menuntut agar terdakwa divonis mati.

Harry Purwanto pemutilasi ibu muda di Banjarmasin divonis seumur hidup. Foto-Istimewa

Usai pembacaan putusan, majelis hakim meminta tanggapan Harry terkait putusan. Apakah menerima, pikir-pikir, atau banding.

Namun, sebelum menjawab pertanyaan itu, Harry bertanya maksud hukuman seumur hidup yang dijatuhkan padanya.

“Seumur hidup itu apakah serum hidup sampai saya mati atau sesuai umur saya 40 tahun?,” tanya Harry yang berada di rumah tahanan Polresta Banjarmasin.

Herry pun menjawab bahwa hukum itu bisa mendapatkan remisi apabila terdakwa berkelakuan baik selama menjalani masa tahanan.

“Kalau ada remisi bisa menjadi 20. Itu tinggal kelakuan saudara di dalam LP,” jawab Heru.

Mendengar jawaban itu, Harry akhirnya menerima atas vonis seumur hidup yang dijatuhkan padanya.

Sambil menangis ia juga meminta maaf, dan mengaku menyesal atas perbuatan yang telah dilakukan.

“Baik yang mulia saya terima. Dan saya berterimakasih karena sudah diterima. Dan saya sangat menyesal, dan berjanji tidak akan mengulangi lagi,” ujar Harry sesenggukan.

Menanggapi putusan tersebut, penasihat hukum Harry, M Akbar mengatakan bahwa dirinya sependapat dengan terdakwa untuk menerima putusan tersebut.

Ia juga berterima kasih kepada majelis hakim, karena menjatuhkan vonis lebih ringan dari tuntutan jaksa.

“Semoga terdakwa bisa menyadari perbuatannya. Dan dengan hukum itu siapa tau kedepan terdakwa bisa lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, Jaksa Penuntut dari Kejaksaan Negeri Banjarmasin, Radityo menyatakan pikir-pikir atas vonis seumur hidup tersebut.

“Kami masih pikir-pikir, kami juga masih menunggu petunjuk dari pimpinan apa langkah hukum yang akan diambil. Karena vonis lebih rendah dari tuntutan kami sebelumnya,” pungkasnya.

Sebagai pengingat, perkara ini bermula dari aksi bengis Harry terhadap Rahmah (33) yang tak lain teman kencannya sendiri.

Harry menghabisi nyawa Rahmah di sebuah rumah kosong di Gang Keluarga, Belitung Darat Banjarmasin pada Rabu (2/6) dini hari usai berkencan di losmen HI di kawasan Sudimampir.

Harry tega menghabisi nyawa teman kencannya itu dengan cara memenggal kepala hanya karena tak terima lantaran diminta duit kencan tambahan.

Di hari yang sama, pelarian Harry terhenti di Bati-Bati, Tanah Laut saat membawa kabur motor milik Rahmah. Dia dibekuk polisi di sebuah bengkel di wilayah tersebut.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Jembatan Alalak Baru

Banjarmasin

Polda Kalsel Segera Panggil Penanggung Jawab Moge yang Melintas di Jembatan Alalak Baru
Jembatan Pramuka Banjarmasin

Banjarmasin

Saingi Jembatan ‘Basit’, Banjarmasin Geber Megaproyek Pembelah Sungai Martapura

Banjarmasin

Jembatan Alalak Baru Bisa Dibuka untuk R2 Sebelum Peresmian, Begini Syaratnya
Banjarmasin

Banjarmasin

Ditangkap! Maling Tanpa Busana di Coffee Shop Banjarmasin, Salah Satunya Residivis Pembunuhan

Banjarmasin

Angka Penularan Menurun, Dandim 1007/Banjarmasin: Masyarakat Jangan Senang Berlebihan
Sanksi Administrasi Pajak

Banjarmasin

Catat! Imbas Pandemi, Sanksi Administrasi Pajak di Banjarmasin Dihapuskan
Tes CPNS 2021

Banjarmasin

Sore Ini, Pendaftaran CPNS di Banjarmasin Baru Dibuka

Banjarmasin

Korban Banjir Katingan Kalteng Memerlukan Makanan dan Obat-Obatan
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com