Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka

Update Korban Erupsi Semeru; 45 Meninggal Dunia, 9 Hilang

45 orang dinyatakan meninggal dunia dan 9 orang dinyatakan masih hilang akibat erupsi Gunung Semeru. Begitu laporan Komandan satuan tugas
- Apahabar.com     Jumat, 10 Desember 2021 - 20:29 WITA

Update Korban Erupsi Semeru; 45 Meninggal Dunia, 9 Hilang

Ilustrasi. Foto-Antara

apahabar.com, JAKARTA – 45 orang dinyatakan meninggal dunia dan 9 orang dinyatakan masih hilang akibat erupsi Gunung Semeru. Begitu laporan Komandan satuan tugas penanggulangan dampak awan panas dan guguran (Dansatgas) di Gunung Semeru, Irwan Subekti.

Ia membeberkan jumlah itu bertambah dari sebelumnya 43 orang yang dinyatakan wafat.

“Hari ini hari yang ke-7 proses pencarian dan evakuasi dampak awan panas dan guguran. Untuk total korban yang meninggal dunia untuk sampai saat ini adalah 45 orang. Jadi hari ini ada tambahan dua orang,” kata Irwan secara daring, dilansir CNN Indonesia, Jumat (10/12).

Irwan berkata, korban dengan luka berat dan ringan, masing-masing sebanyak 19 orang. Namun, ke-19 korban luka ringan itu banyak yang disertai penyakit lain.

“19 luka ringan ini adalah saudara kita yang luka bakar ringan dan diikuti penyakit lainnya seperti di luar luka bakar,” ujarnya.

Sementara itu, Irwan menyebut, pihaknya masih mencari 9 orang yang dinyatakan hilang sampai saat ini.

Terkait, jumlah pengungsi, pihaknya mencatat sebanyak 6.573 orang terpaksa masih harus mengungsi. Sebab, sampai saat ini, 2.970 unit rumah tak bisa ditinggali.

“Kemudian 33 unit fasilitas umum yang salah satu di antaranya yang terparah putusnya jembatan yang menghubungkan sebagian wilayah Lumajang dengan kabupaten sendiri,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat Jumlah korban jiwa erupsi Gunung Merapi, Lumajang, Jawa Timur sebanyak 43 orang. Data itu didapat dari rangkuman laporan dari tim pencarian dan pertolongan di lapangan Kamis (9/12) pukul 12.00 WIB.

“Sementara itu, warga luka-luka ada 104 orang, yang mana sebanyak 32 orang mengalami luka berat dan 82 lainnya luka sedang,” ungkap Abdul Muhari, Pelaksana Tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/12).

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Masih Pandemi, MUI: Alihkan Perjuangan di Lapangan ke Uji Materi MK
apahabar.com

Nasional

Saksi Benarkan Adanya Money Politics dari Caleg di Banjarmasin

Nasional

Breaking! Pandeglang Banten Diguncang Gempa Magnitudo 5,2
apahabar.com

Nasional

E-Commerce Besar Sikapi Maraknya Penjualan Rapid Test Corona
Sandiaga Uno

Nasional

Setelah Sang Istri, Kini Sandiaga Uno Juga Positif Covid-19

Nasional

VIDEO: POLRI Bantu Korban Tsunami Selat Sunda
apahabar.com

Nasional

Kemenhub Larang Penerbangan ke Wuhan China
Kurikulum

Nasional

Tak Gunakan Kurikulum Nasional, Sekolah Tidak Boleh Daftar PDSS
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com