Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai Esok

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondonuwo menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa, 14 Desember 2021.
- Apahabar.com     Senin, 13 Desember 2021 - 10:31 WITA

Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai Esok

Ilustrasi. Foto-Net.

apahaar.com, JAKARTA – Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, dr Maxi Rein Rondonuwo menyampaikan, pihaknya telah mempersiapkan kick off vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun pada Selasa, 14 Desember 2021.

Maxi mengatakan, vaksinasi Covid-19 dengan jumlah sasaran mencapai 26,5 juta anak ini akan dilakukan secara bertahap hingga tahun depan.

“Kami harapkan hari Selasa (14/12) sudah dilakukan kick off di beberapa daerah yang akan kami tetapkan dan selanjutnya itu secara bertahap sampai tahun depan akan kita lakukan vaksinasi semua anak usia 6 sampai 11 tahun yang totalnya berdasarkan data itu ada 26,8 juta,” tutur Maxi dalam sosialiasi pelaksanaan vaksinasi secara virtual, Minggu (12/12).

Rencana vaksinasi ini menurut Kemenkes telah sesuai instruksi presiden untuk segera melaksanakan vaksinasi pada usia 6-11 tahun. Selain itu, Kemenkes pun telah mengantongi rekomendasi dari Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) telah untuk pelaksaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun.

“Ini dilakukan betul-betul karena kita ingin mempercepat vaksinasi semua penduduk di Indonesia dan juga mencegah penularan Covid-19,” ujar Maxi, seperti dilansir laman Sehatnegeriku.

Semula Pemerintah berencana akan memulai program vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun pada 24 Desember 2021. Hal tersebut menjadi salah satu poin dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No 66 Tahun 2021.

Vaksinasi yang dimulai pada 14 Desember 2021 akan dilaksanakan bertahap. Tahap pertama akan dilakukan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.

Menurut data Kemenkes, hingga saat ini sebanyak 8,8 juta jiwa dari 106 kabupaten/kota di 11 provinsi telah memenuhi kriteria. Adapun 11 provinsi tersebut yakni Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Jenis vaksin yang digunakan yakni Sinovac yang telah mengantongi Emergency Use of Authorization (EUA). Maxi mengatakan, tersedia 6,4 juta dosis vaksin Sinovac yang akan digunakan hingga akhir Desember 2021. Lebih lanjut, vaksin Sinovac hanya akan digunakan untuk dosis anak mulai tahun depan. Sementara vaksin non Sinovac akan diprioritaskan untuk sasaran usia selain 6-11 tahun.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Nasional

Cair 25 Agustus, 1,9 Juta Rekening di Kalimantan Terdata Terima Subsidi Gaji
apahabar.com

Nasional

Sembuh dari Corona, Kepala Dinkes Ini Mau ke Tukang Cukur
apahabar.com

Nasional

Belum Pilpres, BPN Prabowo-Sandi Sudah ‘Bagi-bagi Kursi’ Menteri
apahabar.com

Nasional

Digugat Investor Rp5 Miliar, Ustaz Yusuf Mansyur: Saya Nggak Lari
apahabar.com

Nasional

Sofyan Basir Divonis Bebas, KPK Pertimbangkan Ajukan Kasasi
apahabar.com

Nasional

Hari Ini, Umat Muslim di Pesantren Mahfilud Dluror Jember Berlebaran
apahabar.com

Nasional

10 Ordo Tanah Dunia Ada di Indonesia
apahabar.com

Nasional

Cegah Penyebaran Covid-19, 18.062 Narapidana dan Anak Sudah Bebas
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com