[FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah Detik-detik Tabrakan Horor di Balikpapan: 5 Tewas, Belasan Luka-Luka Ini Daftar Korban Kecelakaan Beruntun di Balikpapan

Wabup Kotabaru Resmikan Kantor Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan

Dewan Musyawarah Pusat (DMP) Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia (MUKK-I) kini memiliki kantor baru di Kecamatan Hampang, Kotabaru
- Apahabar.com     Senin, 13 Desember 2021 - 20:03 WITA

Wabup Kotabaru Resmikan Kantor Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan

Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif saat meresmikan kantor Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan di Hampang Kotabaru. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Dewan Musyawarah Pusat (DMP) Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia (MUKK-I) kini memiliki kantor baru di Kecamatan Hampang, Kotabaru, Kalsel.

Kantor baru itu pun diresmikan Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif, didampingi Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis, dan Forkopimda. Itu ditandai dengan pemotongan pita, dan nasi tumpeng, Senin (13/12).

Andi Rudi Latif mengatakan, Indonesia memiliki kekayaan yang patut disyukuri. Keanekaragaman yang terdiri dari suku bangsa memiliki perbedaan satu dengan lainnya dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Salah satu buktinya, yakni adanya kepercayaan Kaharingan yang ada di negara termasuk Kotabaru hingga menambah kemajemukan di tengah masyarakat.

“Kami, pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik. Peringatan kesyukuran, sekaligus persemian ini merupakan bentuk rasa syukur khususnya umat kaharingan. Sebab, keberadaannya juga telah resmi diakui oleh pemerintah,” ujar Wabup.

Selain itu, Andi Rudi, berpesan agar Kantor DMP MUKK-I yang baru diresmikan dapat dipergunakan, dimanfaatkan, dan dipelihara dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan umat.

“Selamat, dan silakan pergunakan kantor baru ini. Semoga bermanfaat untuk umat sekalian,” harapnya.

Sementara, Syairi Mukhlis, sangat mengapresiasi kegiatan syukuran, dan peresmian kantor Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan tersebut.

DPRD akan terus memberikan mendukung, berkenaan dengan apa yang diinginkan umat Kaharingan selama masih dalam koridor dan aturan.

Menurutnya, DPRD Kotabaru telah membuat terobosan melalui salah satu Peraturan Daerah (Perda) yang ditetapkan perihal pembinaan terhadap adat Dayak.

“Jadi, perda ini dapat dibedah, dan dari situlah anggaran dapat mengalir,” ujar Syairi Mukhlis.

Ketua Umum Dewan Musyawarah Pusat Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia, Sukirman, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan pihak perusahaan, khususnya PT Jhonlin yang sudah membantu menyediakan wadah untuk umat Kaharingan di Kalimantan.

“Tentu kami mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya karena pada usiannya ke-4 tahun ini, ada pihak ketiga dengan ikhlas memberikan tempat bagi umat kaharingan di wilayah Hampang, Kotabaru Kalimantan ini,” pungkas Sukirman.

Selain Ketua Presidium majelis luhur kepercayaan Indonesia, persemian kantor baru ini juga dihadiri Ketua Dewan Adat Dayak Kotabaru, Sugianoor.

Editor: Ahmad Zainal Muttaqin - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Dirut Bank Kalsel

Pemkab Kotabaru

Pinta Wabup Kotabaru ke Dirut Baru Bank Kalsel

Pemkab Kotabaru

Pemkab Kotabaru Kejar Target, Vaksinasi Covid-19 Digelar hingga Desa Sungai Kupang Jaya

Pemkab Kotabaru

Puluhan Pejabat di Lingkup Pemkab Kotabaru Resmi Dilantik
Ketersediaan Oksigen

Pemkab Kotabaru

Kadinkes Pastikan Ketersediaan Oksigen di Kotabaru Aman

Pemkab Kotabaru

Bandar Raya Kotabaru Jadi Lokus Penilaian Kualitas Keluarga TPK2D Provinsi Kalsel
BPJS Ketenagakerjaan

Pemkab Kotabaru

Bupati Kotabaru Diganjar Penghargaan BPJS Ketenagakerjaan
Wabup Kotabaru

Pemkab Kotabaru

Di Usia 12 Tahun, Wabup Kotabaru Minta STIKIP Paris Barantai Cetak Guru Berkualitas
apahabar.com

Pemkab Kotabaru

Pemkab Kotabaru dan Kodim 1004 Bangun Jalan di Pelosok Desa
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com