Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Wujudkan Tertib Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Kapuas Luncurkan Program Lumbah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalteng, meluncurkan program baru, yakni Lumbah.
- Apahabar.com     Kamis, 23 Desember 2021 - 21:29 WITA

Wujudkan Tertib Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Kapuas Luncurkan Program Lumbah

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalteng, meluncurkan program Lumbah. Foto: Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas, Kalteng, meluncurkan program baru, yakni Lumbah.

Lumbah merupakan singkatan dari bahasa dayak Lewu Je Mangatawan dan Barendeng Aturan Hurui Tetei Oloh. Dalam bahasa Indonesia dapat diartikan desa tertib administrasi kependudukan tahun 2021.

Diluncurkannya program Lumbah dalam rangka mewujudkan tertib administrasi kepedudukan baik dalam hal tertib kepemilikan dokumen kepedudukan dan tertib pencatat peristiwa kependudukan.

“Termasuk juga dalam rangka peningkatan capaian kinerja pelayanan pendaftar penduduk dan pencatatan sipil,” kata Plt Kepala Disdukcapil Kapuas, Sipie S Bungai di Kuala Kapuas, Kamis (23/12).

Selain itu peluncuran inovasi Lumbah juga bertujuan untuk mewujudkan gerakan GISA (gerakan indonesia sadar administrasi) .

Adapun desa tertib administrasi kependudukan yang ditetapkan tahun 2021 di Kabupaten Kapuas, adalah Desa Bukit Batu, Kecamatan Mantangai dan Desa Tamban Baru Timur, Kecamatan Tamban Catur.

“Kami berharap dengan ditetapkannya dua desa ini sebagai desa percontohan untuk desa-desa yang lain. Sebagai desa yang tertib administrasi,” pungkas Sipei S Bungai.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

Kalteng

Umat Islam Bayar Zakat Terus Mengalir  
apahabar.com

Kalteng

Al Quran Masih Utuh Meski 4 Rumah Desa Bintang Ninggi I Barito Utara Ludes Terbakar

Kalteng

Gerebek Tempat Penjualan Miras di Kapuas, Polisi Amankan Tiga Pria
apahabar.com

Kalteng

Ben Brahim Telepon Ucapkan Selamat ke Sugianto dan Edy

Kalteng

PPKM Luar Jawa-Bali Diperpanjang, Palangka Raya Tetap Level 2, Intip Penyebabnya

Kalteng

Memprihatinkan, Rumah Singgah Penyandang Disabilitas Jiwa di Kapuas Segera Direhab
apahabar.com

Kalteng

Cegah Covid-19, Pemkot Palangka Raya Batasi Jam Operasional Tempat Usaha
RS Bhayangkara

Kalteng

RS Bhayangkara Palangka Raya Gelar Vaksinasi 500 Dosis di Paviliun Presisi
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com