Tuduhan Tak Terbukti, IRT Banjarmasin Bebas Usai 60 Hari Ditahan Geger! Buaya Liar Masuk Kolam Musala SKJ Kotabaru [FOTO] Jumat Kelabu di Turunan Maut Rapak Balikpapan Eks TKP Penusukan Bakal Rumjab Wali Kota Banjarmasin Tebing Longsor di Panaan Tabalong, 1 Rumah Rusak Parah

Beda dengan Polisi, Warna Seragam Baru Satpam Berubah

Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) merespons positif rencana Mabes Polri untuk mengubah kembali warna seragam Satpam yang
- Apahabar.com     Jumat, 14 Januari 2022 - 07:39 WITA

Beda dengan Polisi, Warna Seragam Baru Satpam Berubah

Anggota Satuan Pengamanan (satpam) saat bertugas mengenakan seragam baru yang serupa dengan seragam kepolisian di depan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto-CNN Indonesia/Andry Novelino

apahabar.com, JAKARTA – Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) merespons positif rencana Mabes Polri untuk mengubah kembali warna seragam Satpam yang semula cokelat muda menjadi krem.

Ketua APSI, Azis Said mengatakan perubahan warna seragam memang diperlukan agar ada perbedaan identitas antara profesi Satpam dengan Polisi.

“Saya setuju secara prinsip. Karena masing-masing punya identitas, polisi punya identitas sendiri, Satpam juga harus punya identitas sendiri,” ujarnya, kutip CNNIndonesia.com.

Azis menjelaskan, mulanya perubahan warna seragam semata-mata untuk membedakan dengan petugas pengamanan informal. Sejatinya telah diatur tidak sama persis, yakni lebih terang sekitar 20-30 persen dari seragam kepolisian. Hanya saja penerapan di lapangannya sangat sulit.

“Hal itu yang akhirnya menyebabkan beberapa masyarakat menjadi keliru,” tuturnya.

Problem lainnya, menurut Azis, adalah ketika petugas pengamanan informal seperti Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) yang juga ikut-ikutan mengganti warna seragam menjadi cokelat muda.

Azis menilai, kondisi tersebut salah satunya juga disebabkan oleh minimnya pengawasan dari pihak kepolisian. Padahal jika merujuk Perkap yang sama, Satkamling yang bertugas dalam lingkup wilayah tertentu semisal perumahan, telah ditentukan warna seragamnya menjadi biru.

“Ini yang juga perlu diperhatikan, jadi jangan merubah aja tapi gak ada pengawasan. Karena yang dimaksud profesi Satpam itu yang sudah mengikuti pendidikan dan pelatihan,” ujarnya.

Meski mengaku setuju dengan adanya perubahan warna seragam Satpam kembali, Azis meminta agar pelaksanaannya tidak dilakukan secara terburu-buru. Mengingat, perubahan warna seragam baru dilakukan belum lama ini.

Azis berkata masih banyak Satpam yang baru melakukan perubahan warna seragam pada 2020. Ia khawatir, apabila perubahan dilakukan dalam waktu dekat, akan ada beban biaya lebih yang harus dikeluarkan Satpam untuk mengganti seragam.

Editor: M Syarif - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Wartga Negara India

Nasional

Cegah Covid-19, Imigrasi Bandara Soetta Pulangkan Puluhan WN India ke Negara Asalnya

Nasional

Hore! PNS Terima THR Full pada Mei 2021

Nasional

Kasus Covid-19 Jatim Mereda, Khofifah Minta Masyarakat Tetap Waspada
apahabar.com

Nasional

BPOM Sebut Tidak Ada Efek Samping Serius Saat Uji Vaksin Covid-19
apahabar.com

Nasional

Innalillah, Sempat Viral Lantaran Tidur Setahun Bayi Shaka Kini Telah Tiada
apahabar.com

Nasional

Masih Berstatus Saksi Prostitusi, Putri Parawisata Asal Kaltim Dipulangkan
apahabar.com

Nasional

Tersisa Dua Perajin, Batik Melayu Terancam Tanpa Penerus

Nasional

POTRET Hiruk Pikuk Ribuan Jemaah Jejali Kawasan Sekumpul
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com