Cuaca Kalsel Hari Ini: Tak Ada Peringatan Dini, Semua Wilayah Cerah! Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

Dewan Pendidikan Temui Komisi IV DPRD Kalsel, Ada Apa?

Ketua Dewan Pendidikan Kalimantan Selatan, Prof DR Muhammad Hadin Muhjad menemui Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Kamis (13/1).
- Apahabar.com     Kamis, 13 Januari 2022 - 14:34 WITA

Dewan Pendidikan Temui Komisi IV DPRD Kalsel, Ada Apa?

Pertemuan Dewan Pendidikan Kalsel dengan Komisi IV DPRD. Foto: Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN – Ketua Dewan Pendidikan Kalimantan Selatan, Prof DR Muhammad Hadin Muhjad menemui Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Kamis (13/1).

Kedatangan Prof Hadin membahas terkait mutu pendidikan dan kesenjangan pendidikan di Banua.

Dalam pertemuan yang digelar di Rumah Banjar itu, Prof Hadin mengatakan secara kondisional, pendidikan di Kalsel ini memang banyak masalah.

“90 persen sekolah-sekolah menengah berada di pinggiran yang berdampak juga pada mutu pendidikannya,” ungkapnya.

Guru besar Universitas Lambung Mangkurat itu juga mengungkapkan adanya kesenjangan antara kualitas pendidikan di ibukota provinsi dengan yang ada di kabupaten/kota maupun kecamatan.

Berdasarkan pengalamannya, lulusan-lulusan SMA dan SMK yang masuk perguruan tinggi, rata-rata terkonsentrasi dari sekolah tertentu.

Hal ini diakuinya akan sangat memengaruhi mutu pendidikan di Kalsel yang kondisinya masih rendah karena lulusan sekolah menengah di pinggiran yang jumlahnya banyak, justru tidak dapat bersaing dengan lulusan di ibukota provinsi atau kabupaten/kota untuk pendidikan yang lebih tinggi.

Selain itu, masalah anggaran pendidikan yang juga masih rendah, diakui Prof Hadin sangat berkorelasi dengan upaya peningkatan kualitas pendidikan, baik dari sisi infrastruktur maupun SDM yang dihasilkan.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Muhammad Lutfi Saifuddin memastikan akan mempelajari hasil diskusi dan aspirasi yang disampaikan dalam pertemuan, sebagai bahan dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

“Beberapa aspirasi yang disampaikan juga akan jadi bahan untuk kami sampaikan lagi ke pihak-pihak terkait agar dapat segera ditindaklanjuti,” ungkap politikus Partai Gerindra itu.

Dalam pertemuan itu, juga diungkapkan fakta banyaknya tenaga kerja lokal yang tidak terserap dengan maksimal karena minimnya kualifikasi. Di mana lebih dari 40 persen tenaga kerja justru merupakan lulusan SD dan sebagian besar malah tidak menamatkan pendidikannya.

Editor: Aprianoor - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

apahabar.com

DPRD Kalsel

Alasan Pemprov Kalsel Didesak Bereskan Perkara Aset
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

Seleksi Komisioner KPID 2021-2024, Dewan Kalsel Tetapkan 7 Nama
DPRD Kalsel

DPRD Kalsel

Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta

DPRD Kalsel

Pj Gubernur Kalsel Laporkan Fakta PAD Kalsel 2020
apahabar.com

DPRD Kalsel

Update Kebakaran Alalak, Wali Kota dan Pimpinan DPRD Banjarmasin Salurkan Bantuan
apahabar.com

DPRD Kalsel

Kunjugi FKG ULM, Bang Dhin Temukan Ruang Perkuliahan Sempit
apahabar.com

DPRD Kalsel

Bang Dhin Bawa Aspirasi Nelayan Pemilik Kapal ke Kemenhub
apahabar.com

DPRD Kalsel

Politisi Perempuan Kalsel Sosialisasikan Perda PMD
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com