Cari Keadilan untuk Rekannya, Ratusan Mahasiswa Geruduk Kejati Kalsel Akhirnya, Pelaku Pembunuhan Guru di RM Wong Solo Tanbu Tertangkap Ketum HIPMI Pusat Bakal Jadi Pembicara di HUT JMSI ke-2 di Sulteng Kalsel Ingin Adopsi Kawasan Kumuh jadi Wisata di Yogyakarta Waspada, Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Ancam 3 Kabupaten Kalsel

Dianggap Membingungkan, Polri Berencana Ubah Warna Seragam Satpam

Seragam yang dikenakan satpam dianggap terlalu mirip dengan yang dikenakan personel Korps Bhayangkara Polri, sehingga membingungkan masyarakat.
- Apahabar.com     Rabu, 12 Januari 2022 - 20:46 WITA

Dianggap Membingungkan, Polri Berencana Ubah Warna Seragam Satpam

Ilustrasi. Foto-Net.

apahabar.com, JAKARTA – Seragam yang dikenakan satpam dianggap terlalu mirip dengan yang dikenakan personel Korps Bhayangkara Polri, sehingga membingungkan masyarakat.

Untuk itu, Polri berencana untuk mengubah kembali warna dari seragam satuan pengamanan (Satpam) menjadi warna krem. Hal itu dilakukan usai seragam Satpam yang semula berwarna biru diubah menjadi cokelat muda beberapa waktu lalu.

“Masih dalam proses pengkajian warna baju cokelat muda akan berubah menjadi warna krem,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (12/1).

Ia menyebutkan bahwa kepolisian menilai bahwa seragam Satpam yang saat ini digunakan dianggap terlalu mirip dengan yang dikenakan personel Korps Bhayangkara. Sehingga, kata dia, seragam tersebut menyebabkan kebingungan di tengah masyarakat.

“Sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan warga masyarakat untuk membedakan Polisi dan Satpam,” jelasnya.

Menurutnya, Satpam merupakan profesi yang mengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga, kata dia, diperlukan identitas tersendiri yang berbeda dengan Polri sebagai institusi yang membinanya.

Proses pengkajian itu, dijelaskan Ramadhan, masih dilakukan oleh pihaknya. Kemudian, warna seragam yang baru akan diperkenalkan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam.

“Dan akan diberlakukan setelah selesai pengkajian dan diberikan waktu setahun setelah disahkan penggunaannya,” jelasnya.

Sebagai informasi, penyesuaian seragam Satpam saat ini diatur melalui Peraturan Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan pada 5 Agustus 2020.

Merujuk pada beleid Perkap 4/2020, terdapat sejumlah penyesuaian baru bagi anggota Satpam. Misalnya, kini anggota Satpam memiliki kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan. Kemudian, terdapat batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun.

Selain itu juga, kini seragam personel Satpam dibuat menyerupai milik Polisi, yakni didominasi dengan warna coklat dan memiliki tanda kepangkatan.

Editor: Muhammad Bulkini - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Gempa M 4.0 Guncang Maba Maluku Utara
apahabar.com

Nasional

Tanggapi Perusakan Musala, Gubernur Sulteng Minta Warganya Jangan Terprovokasi
apahabar.com

Kalsel

Gang Banjar, Eks Pengasingan Ratu Zaleha di Bogor Dibeli Saudagar Banjarmasin
apahabar.com

Nasional

Jubir Pemerintah: Perlu Kajian Data Komprehensif untuk Relaksasi PSBB
apahabar.com

Nasional

Last Minute, Koordinator Saksi di Samarinda Diduga Lancarkan ‘Serangan Fajar’
apahabar.com

Nasional

Spanduk Bekas Kampanye Pemilu Jadi Jaket Keren

Nasional

Puan Maharani: DPR Pastikan Serap Aspirasi Buruh
vaksin

Nasional

Kemenkes Akan Tetapkan Jangka Waktu Simpan Vaksin Covid
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com