Kebakaran Pekapuran Raya, Bumil Dilarikan ke RS Pembunuhan di Datar Laga Hantakan, Polisi Imbau Jaga Kondusifitas  Presiden Jokowi: Keliru Jika Uang Rakyat Dibelanjakan Barang Impor Siap-Siap, Mulai 10 Juni ASDP Naikkan Tarif Penyeberangan Feri Kotabaru-Batulicin  Menolak Lupa Tragedi Jumat Kelabu Banjarmasin

Ditarget Rampung 2024, Intip Fasilitas Megah Istana Nusantara 

Pembangunan kawasan Istana Negara Nusantara ditarget selesai pada semester pertama 2024. Rencananya, upacara hari kemerdekaan Indonesia diselenggarakan di ibu kota negara baru pada 17 Agustus 2024.
- Apahabar.com     Senin, 24 Januari 2022 - 08:55 WITA

Ditarget Rampung 2024, Intip Fasilitas Megah Istana Nusantara 

Istana Negara di Ibu Kota Baru (Dok. Instagram Nyoman Nuarta)

apahabar.com, JAKARTA – Pembangunan kawasan Istana Negara Nusantara ditarget selesai pada semester pertama 2024. Rencananya, upacara hari kemerdekaan Indonesia diselenggarakan di ibu kota negara baru pada 17 Agustus 2024.

Lantas, apa saja yang akan ada di kompleks Istana Negara?

Mengutip detikcom, kompleks Istana Negara di Nusantara dirancang untuk dapat menampung 1.400 karyawan.

Kantor-kantor di kompleks istana ini dirancang dengan desain modern mengikuti perkembangan terkini pasca terjadinya pandemi Covid-19.

“Total karyawan yang ada di kompleks istana ini kurang lebih 1.400 orang. Kantor-kantornya akan digarap modern sesuai dengan perkembangan sekarang. Covid ini juga memberikan pelajaran buat kita seperti apa kantor-kantor sekarang ini, agak berbeda tentunya dari kantor-kantor yang terdahulu waktu zaman normal,” kata Perancang Istana Negara IKN, I Nyoman Nuarta.

Di kompleks ini terdapat Kantor Staf Khusus Presiden, Kantor Sekretariat Presiden, dan Mess Paspampres yang dilengkapi perlengkapan olahraga dalam ruangan.

Kantor Presiden berada di gedung berbentuk Garuda. Gedung ini tingginya 4 lantai, berdiri di atas bukit dengan ketinggian 88 meter di atas permukaan laut. Kantor Presiden dilengkapi ruang sidang kabinet, ruang kerja presiden, paviliun presiden, dan ruang tidur paviliun presiden.

Kompleks Istana Negara di IKN tidak didesain eksklusif hanya untuk pejabat negara maupun Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di dalamnya.

Berdasarkan hasil rancangan yang Nyoman buat, masyarakat bisa berkunjung. Mereka bisa menikmati suasana di kebun raya dan kebun bunga di kompleks Istana Negara.

“Jadi masyarakat bebas bisa mengunjungi setiap saat sambil melihat istana itu seperti apa, tapi belum masuk ke istana. Di situ ada telaga-telaga karena konturnya sedemikian rupa. Jadi kita buat seperti itu,” ujarnya.

Di kompleks Istana Negara terdapat lapangan upacara bertingkat karena kontur tanah berbukit. Seingat dia luasnya 1,5 ha. Nantinya masyarakat bisa menyaksikan langsung upacara yang diselenggarakan. Namun dia tak menjelaskan dari area mana mereka bisa menyaksikannya.

“Istana ini akan bisa menampung 5.000 orang masyarakat yang menyaksikan upacara misalnya,” sebutnya.

Masyarakat juga bisa mengunjungi Gedung Edukasi. Di dalamnya terdapat museum dan galeri. Dia berharap itu bisa dibuka setidaknya 5 hari dalam seminggu.

“Ini harapan kita bisa dibuka seminggu 5 hari atau berapa dan dia mempunyai jalan dari samping yang tidak harus melewati depan,” sebutnya.

Ada beberapa jalan akses ke dalam kompleks Istana Negara. Ada pintu utara dan tenggara. Pengunjung publik atau yang bukan tamu kenegaraan masuknya melalui pintu utara.

Editor: Puja Mandela - Apahabar.com


Share :

Baca Juga

Nasional

Covid-19 Melonjak, Pemerintah Pertimbangkan Lockdown Seluruh Kementerian
apahabar.com

Nasional

Presiden Jokowi: Belanda Merupakan Mitra Investasi Terbesar dari Eropa
apahabar.com

Nasional

Prabowo akan Beri Pensiun Koruptor, ICW: Kok Malah Memaafkan
apahabar.com

Nasional

Pembinaan Karakter Jadi Tantangan Pendidikan Indonesia
apahabar.com

Nasional

Kesaksian Turis Oystein Lund Kala Menjepret Anak Krakatau
apahabar.com

Nasional

Obituari Penderita Kanker: Wasiat Mendiang Nana Bikin Terenyuh
apahabar.com

Nasional

Jokowi-Ma’ruf Kalah di Kandang Nahdatul Ulama, Pengamat: Politik Identitas Keagamaan Nihil
apahabar.com

Nasional

Diduga Tabrakan, Polisi Singapura Selamatkan 11 Awak Kapal Indonesia
error: Dilarang copy paste artikel berita tanpa menyertakan link url : https://apahabar.com